Kisah Dramatis Harmani Melahirkan di Pesawat Merpati

Penumpang Merpati melahirkan saat terbang
Sumber :
  • tvOne

VIVA - Kisah dramatis terjadi di dalam pesawat Merpati yang tengah terbang dari Timika, Papua, menuju Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu 6 Januari 2013. Salah satu penumpang dalam pesawat tersebut melahirkan saat berada di udara.

Jelajahi Perth Tanpa Menguras Kantong: Panduan Liburan Hemat dan Penuh Keseruan

Kisah itu bermula saat pasangan Rudi dan Harmani ikut dalam penerbangan itu. Mereka berniat menjenguk keluarga yang sakit di Kabupaten Maros. Namun, Harmani tengah mengandung tujuh bulan. Sesuai prosedur penerbangan, pasangan ini membawa surat rekomendasi dari dokter. Mereka boleh ikut penerbangan Minggu sore itu.

Namun, beberapa menit setelah tinggal landas, sekitar 18.40 WIT, Rudi menghubungi kru pesawat dan melaporkan bahwa istrinya akan melahirkan.

Perempuan dan Anak-anak Palestina Menanggung Beban Paling Berat

"Baru 15 menit terbang, tiba-tiba istri saya mengeluh sakit di bagian perut," kata Rudi yang berasal dari Kelurahan Inaika Baru, Mimika Baru, Timika, Papua, Senin malam, 7 Januari 2013.

Para kru pesawat yang mendapat laporan Rudi bergegas membantu persalinan Harmani. Memang tak ada fasilitas yang nyaman untuk melahirkan di pesawat. Tak ada tempat tidur yang leluasa.

Tukul Arwana Masih Rutin Jalani Terapi, Anak Minta Doa

Proses persalinan terpaksa dilakukan di atas kursi penumpang. Dan Harmani pun menjalani proses persalinannya di atas kursi nomor 24. Rudi dengan setia mendampinginya.

Para kru pesawat yang telah dibekali keterampilan memberikan pertolongan. Tak sia-sia, beberapa saat kemudian, bayi perempuan berhasil lahir secara normal. Meski lahir prematur dengan berat hanya 1,7 kilogram, bayi perempuan itu lahir dengan selamat. Begitu pula dengan sang ibu, Harmani.

Rudi dan Harmani merasa bersyukur atas kelahiran bayinya tersebut. Keduanya tidak menyangka bakal melahirkan di atas pesawat, terlebih saat terbang. Bayi perempuan itu diberi nama Annisa Laila Juwita Sari Merpati. "Nama Merpati sendiri menandakan jika sang anak lahir di pesawat Merpati," tambah Rudi tersenyum.

Saat mendarat di Makassar, Harmani dan bayinya dirujuk ke Rumah Sakit Ibu dan Anak Catherina Booth. Saat ini, bayi tersebut dirawat di ruang bayi dan ditempatkan dalam inkubator. Namun demikian, kondisi Annisa Laila Juwita Sari Merpati dalam keadaan sehat.

Rudi mengaku telah mendapat kunjungan dari manajemen Merpati Nusantara Airlines Makassar. Pihak Merpati menyampaikan ucapan selamat berbahagia dan menganggap peristiwa tersebut sebagai sesuatu yang unik dan langka.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya