Sabtu, 20 September 2014
10:54 WIB
5 Negara Kuat Terancam Absen di Piala Dunia 2014
Juara Copa America, Uruguay justru terseok-seok di penyisihan.
Para pemain timnas Prancis
Edwan Ruriansyah | Kamis, 3 Januari 2013, 16:59 WIB

VIVAbola - Piala Dunia 2014 tinggal 18 bulan lagi digelar. Tersisa 31 tiket ditambah tuan rumah Brasil yang diperebutkan negara-negara seluruh dunia.

Kualifikasi PD 2014 masih berjalan sehingga kadang terlalu cepat menyimpulkan negara yang lolos maupun tidak. Tapi, kualifikasi di Eropa dan Amerika Selatan sudah separuh jalan.

Tak salah jika prediksi mulai diapungkan tentang negara-negara yang terancam absen di Brasil 2014. Berikut negara-negara kuat sepakbola Eropa dan Amerika Latin yang terancam absen:

Striker Uruguay, Diego Forlan (tengah), usai membobol gawang Paraguay Diego Forlan Cs

1. Uruguay
Kualifikasi di Amerika Selatan atau yang juga disebut Zona Conmebol jadi ajang paling fair penyisihan PD 2014. Tak lain karena tiap kontestan yang
beranggotakan 9 negara ini saling bertemu.

Zona Conmebol telah menyelesaikan 9 dari total 16 laga. Argentina, Kolombia dan Ekuador menempati posisi 3 besar.

Sayangnya, juara Copa America, Uruguay justru terseok-seok. Padahal, Uruguay diharapkan kembali tampil di Piala Dunia setelah tampil apik dan menempati posisi 4 serta melahirkan Diego Forlan sebagai Pemain Terbaik pada 2010.

La Celeste kini berada di posisi 5 klasemen sementara Conmebol alias zona playoff. Bahkan, raihan poin Uruguay disamai Chile dan Venezuela.

Kekhawatiran memuncak karena pada 4 laga berikut, Uruguay juga akan menghadapi lawan-lawan sulit seperti bertandang ke Lima melawan Peru. Dimulai dari laga yang harus dimenangkan menjamu Paraguay, lalu pasukan Oscar Washington Tabarez akan melakoni tiga laga tandang beruntun.

Jika tak bisa meraih poin signifikan, alamat Luis Suarez Cs akan gagal melanjutkan petualangan di Brasil 2014.

Pemain timnas Portugal. Cristiano Ronaldo

2. Portugal
Portugal menghadapi tantangan besar untuk lolos ke Brasil 2014. Seleccao masih terpaku di posisi 3 klasemen sementara grup, meski baru memainkan 4 dari 10 laga.

Cristiano Ronaldo cs tertinggal 5 poin dari pimpinan klasemen sementara grup, Rusia. Portugal pun diprediksi akan kesulitan lolos otomatis alias menjadi juara grup. Poin Seleccao (7) juga disamai Israel sehingga harus bekerja keras untuk meraih tiket playoff.

Portugal bisa dibilang spesialis lolos ke turnamen besar lewat playoff. Tapi, tim asuhan Paulo Bento ini akan menghadapi 6 laga berat, termasuk melawat ke kandang tim-tim kuat.

Olivier Giroud saat memperkuat Timnas Prancis di Piala Eropa 2012 Olivier Giroud

3. Prancis
Sepertinya ironis menjadikan tim yang belum terkalahkan bakal gagal lolos ke Piala Dunia. Tapi, kenyataan itu bisa terjadi kepada Prancis.

Tak lain karena Les Bleus ketiban sial harus segrup dengan juara bertahan Spanyol, dimana hanya juara grup yang lolos otomatis ke Brasil.

Prancis mungkin sedang menjalani era perbaikan di tangan Didier Deschamps. Tapi, beberapa hasil terakhir menunjukkan Spanyol memang lebih difavoritkan.

Prancis masih bisa lolos dari jalur playoff. Tapi, kekhawatiran publik Prancis yakni timnya akan bersua lawan tangguh di sana.

Roque Santa Cruz (kiri) Paraguay
4. Paraguay
Paraguay selalu lolos ke 4 Piala Dunia terakhir. Sayangnya, Paraguay kini berada di papan bawah klasemen kualifikasi Conmebol. Posisi realistis yang dibidik yakni 5: playoff.

Setelah 9 laga, Paraguay tertinggal 5 poin dari zona lolos. Mereka juga akan melakoni laga tandang berat ke Uruguay dan Ekuador.

Faktor ketajaman lini depan menjadi problem terbesar Albirroja. Paraguay hanya mencetak 6 gol dari 9 laga.

Tugas berat menanti pelatih anyar Gerardo Pelusso untuk mengembalikan ketajaman penyerangnya. Juga menghapus rekor buruk tak mampu mencuri poin dalam 5 laga tandang.

Adem Ljajic (kiri) saat Serbia melawan Spanyol Serbia vs Spanyol
5. Serbia
Serbia mendapatkan undian tak mudah karena harus segrup dengan Kroasia dan Belgia. Dua tim terakhir menjadi penguasa bersama grup dengan keunggulan 6 poin atas Serbia.

Sejauh ini, penampilan Serbia memang memprihatinkan. Mereka hanya mengoleksi satu kemenangan (6-1 menjamu Wales) dalam empat laga.

Setelah itu, Branislav Ivanovic Cs harus kalah mengejutkan di kandang dari Belgia serta di kandang Macedonia. Langkah Serbia semakin terjal karena pada laga berikut harus tandang ke Belgia dan Kroasia, juga Wales.

© VIVA.co.id

SHARE

BERITA TERKAIT
BERITA TERPOPULER
A A A
Kanal Lainnya