Cek Kekayaan, KPK Datangi Rumah Cagub-Cawagub Jabar

Pembagian nomor urut peserta Pilkada Jawa Barat
Sumber :
  • Antara/ Agus Bebeng

VIVAnews - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) segera melakukan verifikasi kekayaan calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat. KPK akan mendatangi kediaman masing-masing calon yanng akan bertarung dalam Pilkada Jabar pada Februari 2013.

"Kedatangan kami untuk melakukan verifikasi langsung secara faktual mengenai harta kekayaan para calon gubernur dan pasangannya yang telah KPK," kata Koordinator Bidang Pencegahan KPK, Jabar Adlinsyah Nasution, di Kantor KPU Jabar, Bandung, Kamis 27 Desember 2012.

Menurut dia, dalam laporan harta kekayaan yang disampaikan para calon ke KPK, masih terdapat sejumlah kekurangan. "Ya ada satu atau dua yang harus ditambahkan, berupa administrasi biasa. Makanya, saat klarifikasi kami akan tambahkan datanya," jelasnya. Setelah klarifikasi itu, KPK mengimbau para calon untuk mengumumkan kekayaan para calon ke publik.

Jabar menambahkan, kerja yang dimulai pada awal Januari itu diharapkan bisa selesai dan bisa diumumkan sebelum masa kampanye. "Saat ini, kami datang ke KPU provinsi sebagai langkah koordinasi. KPU sebagai lembaga penyelenggara diharapkan bisa membantu KPK dalam melakukan verifikasi langsung. KPU mempunyai komunikasi yang baik dengan para calon gubernur dan membantu kami mengatur jadual," ungkapnya.

Sementara itu, Sekretaris Pokja Kampanye Teppy Dharmawan mengatakan KPU Jabar siap membantu KPK melakukan verifikasi kekayaan para calon. "Hubungan klarifikasi itu langsung antara KPK dengan pasangan calon sedangkan kami hanya membantu saja," katanya.

Sekjen Gerindra Sebut Prabowo "The New Sukarno"
Prabowo Subianto, Airlangga Hartarto, Zulkifli Hasan

Airlangga: Kader Golkar Siap Ditempatkan di Legislatif maupun Eksekutif

Airlangga Hartarto mengatakan kader Golkar siap ditempatkan di legislatif maupun eksekutif. Dia menanggapi peluang keterlibatan Golkar dalam kabinet Prabowo-Gibran.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024