Wamenhan: Kerja Sama RI-Malaysia Tak Terganggu Soal Habibie

Kandidat Cagub DKI, Letjen TNI Sjafrie Sjamsoeddin
Sumber :
  • Antara/ Benny S Butarbutar

VIVAnews – Wakil Menteri Pertahanan Letjen TNI Sjafrie Sjamsoeddin menyatakan, kerja sama pertahanan Indonesia-Malaysia tidak akan terganggu dengan adanya artikel mantan Menteri Penerangan Malaysia, Zainudin Maidin, yang menghina mantan Presiden RI, BJ Habibie.

“Secara makro, hal itu tidak akan mempengaruhi kerja sama pertahanan dan hubungan kenegaraan Indonesia-Malaysia,” kata Sjafrie usai Peringatan Hari Bela Negara di kantor Kementerian Pertahanan, Jakarta, Rabu 19 Desember 2012.

Sjafrie pun menyarankan agar komunikasi internal antara Indonesia dan Malaysia terus ditingkatkan agar kejadian serupa tidak terulang kembali. “Persahabatan negara sangat dipengaruhi hubungan komunikasi dan rasa saling menghormati,” ujar Sjafrie.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sendiri telah bertemu empat mata dengan Perdana Menteri Malaysia, Y.M. Mohd Najib Tun Razak, di Kuala Lumpur, Selasa kemarin, 18 Desember 2012. Keduanya juga menghadiri Konsultasi Tahunan ke-9 antar kedua negara yang diikuti menteri dan pejabat terkait dari Indonesia maupun Malaysia.

Konsultasi Tahunan RI-Malasia ini merupakan forum tertinggi dalam mekanisme hubungan bilateral kedua negara. “Forum itu dimanfaatkan Presiden SBY untuk membahas upaya penguatan hubungan bilateral serta isu-isu yang menjadi prioritas kedua negara seperti perlindungan WNI dan TKI, isu perbatasan, perdagangan, dan investasi,” kata Staf Khusus Presiden Bidang Hubungan Internasional, Teuku Faizasyah.

5 Motor Vespa Bersolek di Indonesia Fashion Week 2024
Kasus Trabrakan beruntun teejadi di gerbang tol Halim Perdana Kusuma Jakarta Timur, Rabu 27 Maret 2024.

Sopir Truk Penyebab Kecelakaan di GT Halim Terancam 4 Tahun Bui

Polisi telah menetapkan sopir truk berinisial MI yang menjadi penyebab kecelakaan beberapa kendaraan di gerbang tol Halim sebagai tersangka.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024