Bank Dunia: Pertumbuhan Ekonomi RI 6,3 Persen 2013

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Menurun
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVAnews - Bank Dunia memprediksi ekonomi Indonesia pada 2013 masih tetap positif, walaupun ekonomi dunia tetap lemah. Bank Dunia menyarankan pemerintah untuk mempertahankan pertumbuhan investasi yang kuat.

Dalam data Triwulanan Perkembangan Ekonomi Indonesia edisi Desember 2012, Bank Dunia memproyeksikan pertumbuhan ekonomi Indonesia sebesar 6,1 persen pada 2012. Sementara itu, pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2013 sedikit menguat menjadi 6,3 persen.

Proyeksi ini mengasumsikan konsumsi domestik dan pertumbuhan investasi masih bertahan kuat, dengan membaiknya pertumbuhan mitra dagang utama Indonesia secara bertahap, sehingga sedikit mendorong pemulihan ekspor.

Outlook ekonomi dunia masih dibayangi ketidakpastian dan rentan terhadap tekanan-tekanan, jadi ini bukan waktu untuk berpuas diri,” kata Country Director Bank Dunia untuk Indonesia, Stefan Koeberle, dalam keterangan tertulis, Selasa 18 Desember 2012.

“Hasil dari negosiasi 'jurang fiskal' di AS, perkembangan di Zona Euro, dan juga berlanjutnya perlambatan ekonomi China, dapat mempengaruhi proyeksi pertumbuhan baseline kami. Dan pertumbuhan investasi dalam negeri --yang telah berperan penting terhadap kuatnya kinerja ekonomi Indonesia belakangan ini-- juga menghadapi sejumlah risiko,” katanya.

Setelah tumbuh pesat dalam beberapa tahun terakhir, investasi kini mencapai sepertiga dari seluruh belanja barang-barang dan jasa Indonesia. Investasi meningkat 10 persen dari tahun ke tahun pada kuartal ketiga dan memberikan dorongan hampir 40 persen terhadap pertumbuhan produk domestik bruto yang kuat dalam kuartal ketiga sebesar 6,2 persen.

Walaupun sejauh ini investasi masih tetap bertahan kuat, harga komoditas dunia cenderung bergerak searah, sehingga perkiraan investasi Indonesia dapat melemah, dengan penurunan penerimaan yang berkaitan dengan komoditas mempengaruhi ekonomi secara luas. (art)

Warga Depok Jangan Panic Buying, Pemkot Jamin Persediaan Bahan Pokok Aman
Ilustrasi dunia kerja.

Gen Z, Siap Hadapi Dunia Kerja? Ini Tips Kelola Keuangan Agar Tak Terlilit Utang

Generasi Z yang mulai memasuki dunia kerja biasanya memiliki sedikit pengalaman dalam merencanakan keuangan mereka. Untuk itu, kamu bisa coba tips keuangan berikut ini.

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024