Minggu, 26 Oktober 2014
11:23 WIB
Efek Samping Antibiotik dan Cara Antisipasi
Cairan tubuh dibutuhkan untuk menghindari masalah pencernaan.
Konsumsi banyak air saat Anda menggunakan antibiotik.
Wuri Handayani, Stella Maris | Senin, 17 Desember 2012, 11:48 WIB

 

VIVAlife - Saat tubuh terserang penyakit, tak jarang dokter memberikan resep antibiotik. Idealnya antibiotik ini juga dikonsumsi sampai habis. Namun adakah efek samping serius dari penggunaan antibiotik?

Walau antibiotik terbukti mampu mencegah dan mengobati pertumbuhan bakteri dalam tubuh, tidak semua penyakit membutuhkan antibiotik. Tak hanya itu, penggunaan yang tidak tepat juga menyebabkan tubuh resistensi terhadap antibiotik.

Ketika Anda mengonsumsi antibiotik, saat itu juga antibiotik bekerja dengan memproduksi antibodi guna melawan infeksi dan bakteri. Oleh karena itu, ada beberapa hal yang patut Anda ketahui saat mengonsumi obat ini.

Jenis dan dosis

Pertama, jangan pernah mengonsumsi antibiotik lebih dari satu jenis. Hal ini dapat menghilangkan kinerja antibiotik itu sendiri. Selain itu, tuntaskan dosis sesuai anjuran. Bulan lalu, Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit di Eropa (ECDC) memperkirakan, ada sekitar 25ribu orang meninggal dunia setiap tahunnya karena resistensi terhadap produk antibiotik.

Perbanyak cairan

Dilansir Boldsky, saat mengkonsumsi antibiotik, Anda juga harus memperbanyak cairan untuk menghindari masalah pencernaan, seperti mual, kram, nyeri, dan kembung. Tak hanya ini, cairan juga dibutuhkan untuk mengindari masalah ginjal. Air putih dan jus buah segar sangat dianjurkan untuk membantu kinerja pencernaan Anda.

Alergi

Pastikan Anda tidak memiliki riwayat alergi pada beberapa jenis obat-obatan, termasuk antibiotik. Umumnya mereka yang alergi pada obat antibiotik mengalami gejala seperti gatal dan terjadi pembengkakan di mulut dan teggorokan.

Disamping itu jika digunakan dalam dosis tinggi dan dalam jangka panjang, dapat mengancam kesehatan dan menimbulkan masalah kesehatan serius. Misal kerusakan ginjal, otak, dan hati, bahkan kematian.


 

© VIVA.co.id

SHARE

BERITA TERKAIT
BERITA TERPOPULER
Kanal Lainnya