Senin, 21 April 2014
01:47 WIB
Komnas Perempuan: KDRT Tertinggi Ada di Jawa Timur
Total ada 24.232 kasus kekerasan dalam rumah tangga di provinsi itu.
Like
Salah satu korban KDRT di Surabaya.
Anggi Kusumadewi,  Tudji Martudji (Surabaya) | Sabtu, 8 Desember 2012, 10:22 WIB

VIVAnews – Catatan Tahunan Komnas Perempuan menyatakan, 24.555 dari 119.107 kasus kekerasan terhadap perempuan yang terjadi tahun 2011 terjadi di Provinsi Jawa Timur.

Bukan hanya itu, angka kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) tertinggi ada di Jawa Timur, dengan total 24.232 kasus. “Dari jumlah itu, 320 di antaranya kasus kekerasan di ranah komunitas, dan 3 di antaranya kekerasan oleh negara,” kata Wakil Ketua Komnas Perempuan, Masruchah, di Surabaya, Jawa Timur, Sabtu 8 Desember 2012.

Ia mengatakan, ada kendala dalam meneguhkan komitmen terhadap pemenuhan hak-hak perempuan yang menjadi korban kekerasan, dan itu menjadi tantangan bagi para pemerintah Provinsi Jatim untuk segera membenahinya. “Khususnya dalam hal penanganan dan pencegahan kekerasan terhadap perempuan,” ujar Masruchah.

Komnas Perempuan juga mencatat, di Jawa Timur ada 22 kebijakan diskriminatif, 16 di antaranya terkait prostitusi, 1 terkait kebebasan beragama, dan 5 soal pencitraan umum daerah.

“Kebijakan diskriminatif itu menjadi halangan bagi perempuan untuk menikmati hak-hak konstitusionalnya. Padahal hak konstitusional perempuan yang dibatasi atau dikurangi merupakan pelanggaran dan pengingkaran terhadap konstitusi,” kata Masruchah.

Di sisi lain, Komnas Perempuan mengapresiasi langkah Pemerintah Daerah Jawa Timur, termasuk di kabupaten/kota, dengan mengeluarkan 31 kebijakan kondusif terkait layanan terhadap perempuan korban kekerasan, antara lain di Kabupaten Blitar, Malang, Magetan, Jombang, Tulungagung, Sumenep, Jember, Batu, Bojonegoro, Bangkalan, Bondowoso, dan Sidoarjo. (adi)

© VIVA.co.id

Berita Terkait
A A A
Kanal Lainnya