Ani Yudhoyono Hijaukan Kanal Banjir Timur

SBY olah raga pagi
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews - Program penghijauan yang dilakukan pemerintah tahun ini terus dilakukan oleh Ibu Negara, Kristiani Herawati Yudhoyono. Ani pun terus mengajak kalangan pengusaha untuk melakukan penghijauan. Kali ini dilakukan di bantaran sepanjang Kanal Banjir Timur yang ada di Jakarta Timur.

Bu Ani mengatakan, saat ini yang menjadi percontohan penanaman pohon di KBT adalah kawasan Duren Sawit, Jakarta Timur. Kawasan tersebut baru dilakukan penghijauan sepanjang 1,4 kilometer.

"Kami ajak perusahaan, baik swasta maupun BUMN. KBT membutuhkan lahan hijau sepanjang 23,7 km. Masih panjang yang belum dihijaukan," ujar Ani, Sabtu 1 Desember 2012.

Ibu Ani menitikberatkan penghijauan sekitar KBT bukan tanpa alasan. Karena, Kanal Banjir Timur memiliki fungsi untuk meminimalisasi banjir di ibukota, sebagai prasarana konservasi air atau pengisian air tanah, serta menjadi sumber air di Jakarta.

"Yang sederhana seperti membuang sampah pada tempatnya. Jadi, dengan kesadaran itu semua pihak akan tidak merasa dirugikan," ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Gerakan Perempuan Tanam Pelihara (GPTP) juga menanam 1.000 pohon di sepanjang Kanal Banjir Timur yang ada di kawasan Jakarta Timur.

Ketua GPTP, Erna Witoelar, mengatakan, di samping didukung tujuh organisasi perempuan, penghijauan ini juga mengajak perempuan di daerah setempat. "Pohon akan ditanam 1.4 km sepanjang KBT," kata Erna.

Pohon yang ditanam di sepanjang KBT tersebut terdiri atas 51 spesies tanaman, antara lain merupakan tanaman buah dan tanaman langka. (art)

SIM Mati Bisa Diperpanjang, Tidak Perlu Bikin Baru
Menteri Investasi Bahlil Lahadalia

Pernah Dampingi Gibran ke Papua, Bahlil Bantah Tudingan Tak Netral

Bahlil Lahadalia merespons tudingan dalam sidang sengketa Pilpres 2024 di MK. Ia dituding tak netral dengan mendampingi Gibran Rakabuming Raka ke Papua.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024