Puan Bersyukur Mega Masuk Lima Besar di Survei LSI

Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.
Sumber :
  • ANTARA/M Risyal Hidayat

VIVAnews - Survei kepada dua ratus lebih opinion leader yang dilakukan Lembaga Survei Indonesia menemukan Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Megawati Soekarnoputri masuk dalam lima besar calon presiden yang mampu berdiri di atas semua kelompok atau golongan.

Menanggapi hal ini, Ketua Fraksi Puan Maharani mengaku bersyukur mendapat pengakuan dari para opinion leaders Indonesia. Puan berpendapat, tokoh pemimpin nasional memang sudah seharusnya memperjuangkan kepentingan bangsa, negara dan rakyat.

Apalagi, kata Puan, untuk posisi presiden yang menjadi pemimpin pemerintahan yang tugas konstitusionalnya adalah melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, sesuai pembukaan UUD 1945. "Nah, karena mempunyai tugas konstitusional maka kita tidak boleh lupa bahwa capres atau cawapres itu juga harus memenuhi syarat konstitusional saat pertama maju yaitu diajukan oleh parpol atau gabungan parpol sesuai dengan threshold di UU Pilpres," kata Puan dalam pesan singkatnya, Jumat 30 November 2012.

Jadi, menurut Puan, seorang tokoh yang mau menjadi capres sebelum bicara tentang negara, harus terlebih dahulu bicara tentang konstitusi tepatnya syarat konstitusional untuk menjadi capres dan cawapres. Puan mengatakan, hal ini penting agar rakyat tidak diberi harapan semu dengan berbagai retorika yang kedepankan rakyat tapi tumpul secara konstitusi yang menjadi dasar hukum kita bersama. "Rakyat Indonesia butuh harapan nyata dan bukan harapan semu," kata dia.

Selain itu, kata Puan, posisi presiden dan wakil presiden adalah jabatan yang harus bisa menjaga, menjalankan, dan melaksanakan empat pilar bangsa, sebagai satu kesatuan yang utuh.

Meski mendapat poin tinggi untuk kategori "calon presiden yang mampu berdiri di atas semua kelompok atau golongan", secara total dengan kategori-kategori lain, Megawati berada di posisi tujuh. Di atas Megawati, berturut-turut dari nomor enam adalah Agus Martowardojo, Hidayat Nur Wahid, Sri Mulyani Indrawati, Dahlan Iskan, Jusuf Kalla dan Mahfud MD.

Survei ini dilakukan atas 223 opinion leader dari berbagai latar belakang seperti pebisnis, dosen, pemimpin media dan aktivis sosial. Di antara yang membuka identitas adalah mantan Ketua Muhammadiyah Syafii Maarif, Pemimpin Redaksi tvOne Karni Ilyas dan Dr. Mohtar Mas’oed (Guru Besar Fisipol UGM).

Nick Kuipers: Persib Bandung Harusnya Ungguli Persita 4-0 di Babak Pertama
Aldi Taher

Blak-blakan, Aldi Taher Ungkap Rahasia Sembuh dari Kanker

Kisahnya menginspirasi banyak orang, Aldi Taher pun menuturkan bahwa doa dan kasih sayang keluarga adalah kekuatan yang tak terhingga dalam menghadapi cobaan hidup.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024