Rabu, 22 Oktober 2014
16:31 WIB
2014, Semen Gresik Bangun Pabrik Baru
Lokasinya belum bisa diumumkan, karena masih dalam studi kelayakan.
Buruh mengangkut semen di Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta.
Antique, Alfin Tofler | Rabu, 28 November 2012, 17:54 WIB

VIVAnews – PT Semen Gresik Tbk berencana untuk mendirikan pabrik semen baru pada 2014. Pabrik tersebut memiliki kapasitas tiga juta ton semen per tahun.

Sekretaris Perusahaan Semen Gresik, Agung Wiharto, mengatakan, rencana pembangunan pabrik tersebut di luar pembangunan pabrik semen di Rembang, Jawa Tengah dan Padang, Sumatera Barat.

"Untuk lokasinya belum bisa diberitahukan, karena masih dalam studi kelayakan," ujar Agung dalam acara Investor Summit 2012 di Jakarta, Rabu 28 November 2012.

Menurut Agung, perseroan masih mencari lokasi yang paling bagus untuk membangun pabrik tersebut. Selain pembangunan pabrik semen, perseroan akan mendirikan pabrik pengepakan semen.

"Saat ini, perseroan telah melakukan ground breaking (pemasangan tiang pancang) pertama pabrik pengepakan semen di Banjarmasin, Kalimantan Selatan," ujarnya.

Agung melanjutkan, pembangunan pabrik semen baru tersebut membutuhkan waktu 12-15 bulan dan diperkirakan beroperasi pada 2014. Proyek ini akan dibiayai dari kas internal dengan nilai investasi Rp120 miliar.

Selain itu, perseroan memastikan bahwa pabrik pengepakan semen di Sorong, Papua, akan mulai beroperasi akhir tahun ini. Pabrik berkapasitas sekitar 300-600 ribu ton itu juga akan dilengkapi dengan fasilitas pelabuhan. (art)

© VIVA.co.id

SHARE

BERITA TERKAIT
BERITA TERPOPULER
Kanal Lainnya