Menjajal Mobil Terlaris Proton di Indonesia

Proton Exora
Sumber :
  • Proton

VIVAnews - Pasar mobil MPV (Multi Purpose Vechile) cukup menjanjikan di Indonesia. Tak heran segmen itu jadi ladang keuntungan para pabrikan mobil dunia.

Di tengah ketatnya kompetisi, produsen asal Malaysia, Proton terbilang cukup berhasil mendapatkan 'kue' dari segmen MPV. Jagoan mereka yaitu Exora mampu bersaing dengan mobil buatan Jepang, Eropa, Korea, dan Amerika.

Exora memang memiliki beragam keunggulan yang bisa menjadi nilai lebih bagi Anda yang mencari mobil keluarga dengan harga murah.

VIVAnews
mendapat kesempatan untuk menjajal Exora Executive transmisi otomatis. Sebelum merasakan kemampuan mobil asal negeri Jiran itu, ada baiknya untuk melihat desain eskterior dan interiornya.

Exora Executive memiliki desain yang cukup sporty dan elegan untuk mobil keluarga. Grill depan memiliki bentuk yang atraktif, ditambah lagi disematkannya lampu kabut.

Mobil ini tampil layaknya MPV modifikasi karena memiliki ground clerance rendah alias ceper. Aura sporty makin kental dengan mengandalkan pengaplikasian front bumper side skirt dan rear bumper spoiler.

Tampilan semakin manis begitu melihat adanya cover spoin, velg alloy, dan desain lampu bergaya agresif yang ada di tubuh Exora.

Saat masuk ke kabin, kesan pertama melihat Exora Executive adalah lega, fungsional dan memiliki fitur berlimpah.

Pemilihan warna kabin dengan abu-abu lembut, serta penggunaan material dashboard maupun trim terbilang bagus dan pengerjaan detailnya sudah rapih.

Desain panel interior, odometer dan head unit sangat user friendly. Sistem audio sudah double DIN, dengan fitur pemutar CD, radio dan koneksi USB.

Untuk nonton DVD, silakan buka monior di atap kursi baris kedua, yang sudah dilengkapi dengan remote.

Exora Executive sudah menganut sistem jok depan dengan penyetel ketinggian kaki, kemudi power steering dan power window, serta spion elektrik.

Sementara untuk menunjang keamanannya, Proton juga sudah melengkapi Exora Executive dengan dual airbag, serta rem ABS yang sudah dilengkapi dengan EBD.

Selain itu, terdapat pula jok bermaterikan semi leather seat. Sebagai kendaraan tujuh penumpang, konfigurasi tiga baris tempat duduk Proton Executive cukup nyaman dan lapang.

Untuk perjalanan jarak jauh, penumpang di baris kedua dan ketiga tak perlu menekuk kaki secara berlebihan karena tersedia leg room yang cukup luas.
Penumpang di baris kedua dan ketiga juga sudah dibekali dengan AC double blower.

Perfoma

Exora Star menggunakan mesin bensin Campro CPS 1.600cc, dengan tenaga 125 hp dan torsi 150 Nm.

Namun sayangnya, meski torsinya mencapai 150 Nm, tapi tarikan bawah Exora tidak mengigit. Ketika pedal gas diinjak spontan, memang mobil seolah menyentak, tapi setelah itu, tenaga terasa berat.

Tapi begitu memasuki putaran menengah ke atas, tenaga mulai kembali mengisi. Di jalan tol, Exora bisa diajak berlari sampai 150 km/jam tanpa ada hambatan berarti.

Handling dan Kenyaman

Menariknya mobil ini memliki handling yang mantap. Buktinya, pengendalian kemudi yang ringan dan tidak ada gejala limbung saat melibas tikungan dengan kecepatan sedang atau tinggi.

Handling ini berkat pengembangan ini kerjasama Lotus. Itu bisa dilihat dari logo Lotus Ride & Handling di pintu belakang Exora.

Suara dan getaran mesin empat silinder ini sebenarnya halus, namun suara masuk ke dalam kabin saat putaran mesin tinggi. Sehingga menggangu kenyamanan pengemudi dan penumpang.

Saat melewati kontur jalan bergelombang, ayunan suspensi cukup baik. Meski di bagian belakang terasa sangat keras.

Konsumsi BBM

Konsumsi bahan bakar juga terbilang irit untuk mobil dengan kapasitas silinder 1.6 liter. Mobil ini meminum bensin 1 liter untuk jarak 10,4 untuk pemakaian di dalam kota, kombinasi macet dan ramai lancar.

Dengan banderol Rp183 juta On The Road Jakarta, Proton Exora Executive A/T ini berhadapan langsung dengan pesaing tangguhnya dari Jepang, yakni Toyota Kijang Innova.

Penampakan Amy BJ WNA Korea, Penuhi Panggilan Polisi Soal Tisya Erni

Exora menjadi penyumbang terbesar penjualan Proton di Indonesia.
Sepanjang Januari-Oktober 2012, Exora telah terjual 1.248 unit. Itu artinya Exora jadi mobil paling laris Proton di Indonesia. (adi)

Minister Budi Arie Setiadi

TikTok Laporkan Sudah Take Down 10,8 Juta Hoaks terkait Pemilu 2024, Menurut Menkominfo

Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi menyebut platform TikTok secara mandiri sudah melakukan take down 10,8 juta informasi hoaks terkait Pemilu 2024.

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024