Deretan Citycar yang Banyak Diminati Saat Ini

Mobil City Car di IIMS 2012
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVAnews - Mobil tipe citycar kini tengah naik daun di Tanah Air. Punya bodi kompak, irit bahan bakar, serta harga terjangkau jadi alasan konsumen memburu mobil itu.

Melihat potensi itu, para pabrikan mobil pun berbondong-bondong menyodorkan mobil tersebut. Persaingan pun makin ketat.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), selama Januari-Oktober, penjualan citycar di Indonesia sebanyak 35.926 unit atau 4,02 persen dari total penjualan mobil 923.131 unit.

Nissan March masih memimpin di segmen ini dengan torehan penjualan 6.928 unit sepanjang 2012. March berhasil mencetak penjualan terbanyak pada April, yakni mencapai 1.193 unit. Meski begitu, penjualan mobil itu terus mengalami penurunan pada Agustus sebanyak 327 unit dan Oktober yang mencapai 240 unit.

Sementara itu, KIA Picanto masih terus membuntuti March. Mobil asal Korea Selatan itu membukukan angka penjualan 6.025 unit, dengan rata-rata per bulannya Picanto terlego 600 unit.

Posisi selanjutnya, masing-masing diisi oleh Suzuki Splash sebanyak 5.877 unit dan Daihatsu Sirion yang terjual 4.984 unit.

Pemain-pemain lama di atas tampaknya harus ekstra hati-hati dengan dua pendatang baru yakni Honda Brio dan Mitsubishi Mirage.

Sebab, baru dua bulan diluncurkan, September lalu, Mirage sudah terjual sebanyak 2.444 unit. Dengan rincian, 1.134 unit pada September dan 1.310 unit pada bulan berikutnya. Mirage tipe GLX 1.2 MT paling banyak diminati konsumen.

Adapun Brio sudah terserap pasar sebanyak 5.387 unit selama tiga bulan, yakni periode Agustus-Oktober. Untuk tipe yang paling laris adalah Brio E 1.3 transmisi otomatis. (art)

Moeldoko: Otonomi Daerah Harus Lanjutkan Pembangunan Visi Jokowi
Ria Ricis

Cerita Soal Baby Box, Ria Ricis Seolah Pertegas Tentang Nafkah Batin

Ria Ricis mengambil hikmah dari pengalaman tersebut, yaitu kekuatan hubungannya dengan Moana yang sangat erat.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024