Jakarta Jadi Kota Pilihan Wisatawan Asia

Wisata Kota Tua
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Kondisi keamanan di Ibukota Jakarta sangat berpengaruh terhadap kunjungan wisatawan. Keadaan stabil saat ini membuat Jakarta makin diminati sebagai salah satu tujuan wisata utama. Tidak hanya bagi turis domestik dan Asia Tenggara, tapi juga turis dari benua Asia.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta, Arie Budhiman mengatakan, pada 2012 Jakarta dinobatkan dalam ajang "2012 Travellers Choice Destinations on The Rise" atau daerah yang tengah menanjak untuk tujuan wisata di Asia berdasarkan pilihan wisatawan.

Menurut Arie, dengan prestasi yang diraih Jakarta menunjukkan kinerja pariwisata di Ibukota memperlihatkan kondisi yang positif. Tapi meski demikian, pihaknya tidak akan berpuas diri.

"Ini perlu ditingkatkan lagi dan paling tidak dipertahankan," kata Arie, Selasa, 19 November 2012.

Ditambahkan Arie, untuk mencapai kondisi seperti ini, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta akan terus mempromosikan pariwisata Jakarta. Salah satu yang terus dipromosikan yakni terkait bisnis atau lebih dikenal dengan meetings, incentives, conferences, and exhibitions (MICE).

"Jakarta segmennya untuk bisnis visitor yang terkait dengan MICE," dia menambahkan.

Daya tarik lain pariwisata Jakarta adalah wisata belanja, golf, heritage, serta pagelaran budaya. Pertunjukan panggung di Jakarta kini juga semakin berkembang. Kegiatan itu adalah cara menarik wisatawan ke Jakarta baik dari mancanegara maupun lokal.

Kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Jakarta dipastikan akan terus meningkat tiap tahunnya. Pada periode Januari-September 2012 kunjungan wisman mencapai 1.559.044. Angka itu meningkat jika dibandingkan periode yang sama pada 2011 yakni 1.475.936, atau naik sekitar 5,63 persen.

Banyaknya kunjungan wisman ke Jakarta ini, juga berdampak pada perolehan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor pariwisata.

"Tahun ini saja ditargetkan PAD-nya mencapai 2,5 triliun. Intinya kita harus terus promosi, karena kita bersaing dengan kota-kota besar lainnya," katanya.

Penghargaan di ajang "2012 Travellers Choice Destinations on The Rise" diberikan oleh TripAdvisor. Ini semacam apresiasi bagi daerah tujuan wisata yang meningkat umpan balik positifnya, semisal bagi hotel, restoran, atau kegiatan yang dapat dilakukan di kota-kota itu untuk menarik wisatawan.

9 Menu Buka Puasa Unik dari Berbagai Negara, Bikin Ngiler dan Penasaran!
Evakuasi jasad NA istri yang dibunuh oleh suaminya.

Cekcok Hebat dan Bergumul di Kamar, Suami Sadis Ini Tega Bunuh Istri Pakai Obeng

Menurut saksi, suami dan istri itu sempat bertengkar hebat di kamar. Ada luka tusukan di bagian kepala korban.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024