Jum'at, 25 April 2014
05:44 WIB
Mobil-mobil Baru yang Laris di Indonesia
Selain mobil tipe MPV, citycar juga banyak diminati.
Like
Mobil City Car di IIMS 2012
Sandy Adam Mahaputra | Senin, 19 November 2012, 16:10 WIB

VIVAnews - Pasar mobil Indonesia dibanjiri mobil-mobil baru dari merek ternama dunia. Di penghujung tahun ini konsumen disuguhkan model anyar mulai dari citycar, hatchback, MPV (Multi Purpose Vehicle), hingga SUV (Sport Utility Vehicle).

Lalu dari mobil terbaru itu, mana yang langsung mendapatkan respon positif di pasar alias laris?

Pertama yang dibahas adalah mobil baru jenis citycar. Dimulai dari Honda Brio. Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), mobil yang juga diimpor utuh dari Thailand itu sudah terserap pasar sebanyak 5.387 unit selama tiga bulan (Agustus-Oktober). Adapun tipe yang paling laris adalah Brio E 1.3 transmisi otomatis.

Ada juga citycar baru lainnya yakni Mitsubishi Mirage. Mirage sudah terjual sebanyak 2.444 unit. Dengan rincian 1.134 unit pada September dan 1.310 unit pada bulan berikutnya. Mirage tipe GLX 1.2 MT paling banyak diminati konsumen.

Di segmen hatchback, pemain lama seperti Toyota Yaris dan Honda Jazz mendapatkan lawan baru dari General Motor Indonesia (GMI), yakni New Chevrolet Aveo. Oktober lalu, mobil itu berhasil terjual sebanyak 101 unit.

Tak ketinggalan, Mazda Motor Indonesia (MMI) juga melakukan penyegaran pada varian Mazda2, pada Juni lalu. Meski terjadi kenaikan harga sekitar Rp8 juta dari generasi sebelumnya, penjualan Mazda2 mengalami peningkatan.

Tercatat Juli lalu terserap pasar sebanyak 599 unit, Agustus (469 unit), September (688 unit), dan Oktober (652 unit).

Perubahan ringan juga terjadi pada Toyota Yaris. Keputusan itu terbilang tepat, karena berhasil menjadikan Yaris sebagai 'raja' hatchback (Januari-Oktober 2012). Mobil lima penumpang ini sudah terjual 22.397 unit sepanjang 2012, unggul sementara dengan kompetitor terkuatnya Jazz (18.632 unit).
 
Persaingan mobil baru di segmen hatchback tidak berhenti sampai di situ. Pabrikan Jepang lainnya, Suzuki telah meluncurkan generasi anyar Swift di IIMS 2012, September lalu.

Untuk menggaet konsumen, produsen berlambang "S" itu menurunkan harga All New Swift sebesar Rp13 juta, dari Rp176,1 juta kini menjadi Rp163,1 juta dari generasi sebelumnya. Bersambung....  (umi)

© VIVA.co.id

Berita Terkait
A A A
Kanal Lainnya