Selasa, 21 Oktober 2014
04:11 WIB
Hindari Asupan Ini Setelah Berolahraga
Agar latihan yang dilakukan jadi lebih efektif dan tubuh lebih fit.
Olahraga lari
Mutia Nugraheni | Senin, 5 November 2012, 17:27 WIB

VIVAlife - Setelah berjam-jam di pusat kebugaran atau berolahraga energi pun terkuras. Pergi mencari makanan dan minuman, pasti hal yang Anda lakukan untuk mengembalikan energi. Itu karena tubuh sangat membutuhkan asupan kaya nutrisi untuk mengembalikan energi.

Namun, tak semua asupan baik dikonsumsi setelah berolahraga. Ada yang sebaiknya dihindari agar latihan yang Anda lakukan jadi efektif dan tubuh pun terasa fit. Apa saja makanan tersebut?

Sayuran mentah

Sayuran memang kaya akan serat dan vitamin yang sangat baik untuk tubuh. Tapi, mengkonsumsinya setelah berolahraga, seperti dikutip dari Health Me Up, bukanlah pilihan tepat. Itu karena sayuran mentah tak cukup mengembalikan energi setelah latihan yang intensif. Kecuali, Anda mengkonsumsi sayuran mentah bersamaan dengan asupan kaya protein seperti ikan, daging, atau telur rebus.

Minuman manis bersoda
Mengeluarkan banyak keringat dan haus, itu pasti Anda alami saat berolahraga. Setelah selesai, minuman dingin dan manis memang sangat menyegarkan. Sebaiknya, minuman manis apalagi bersoda Anda tak dikonsumsi setelah olahraga.

Alasannya, minuman tersebut kadar gulanya sangat tinggi. Jika Anda ingin menurunkan berat badan, gula akan memperlambat metabolisme. Diet dan olahraga yang Anda lakukan sebelumnya, bisa jadi tak efektif.

Cemilan gurih

Keripik kentang dan keripik gurih lain memang makanan ringan menggoda. Tapi, kandungan garamnya berlebihan, yang bisa menurunkan kadar potasium dalam tubuh. Karena potasium adalah mineral penting untuk kerja sel, dengan mengkonsumsi makanan gurih maka sel tak bekerja efektif. Pemulihan tubuh setelah berolahraga pun tidak berlangsung cepat. (umi)

© VIVA.co.id

SHARE

BERITA TERKAIT
BERITA TERPOPULER
Kanal Lainnya