Hindari Asupan Ini Setelah Berolahraga

Ilustrasi olahraga lari.
Sumber :

VIVAlife - Setelah berjam-jam di pusat kebugaran atau berolahraga energi pun terkuras. Pergi mencari makanan dan minuman, pasti hal yang Anda lakukan untuk mengembalikan energi. Itu karena tubuh sangat membutuhkan asupan kaya nutrisi untuk mengembalikan energi.

Namun, tak semua asupan baik dikonsumsi setelah berolahraga. Ada yang sebaiknya dihindari agar latihan yang Anda lakukan jadi efektif dan tubuh pun terasa fit. Apa saja makanan tersebut?

Sayuran mentah

Sayuran memang kaya akan serat dan vitamin yang sangat baik untuk tubuh. Tapi, mengkonsumsinya setelah berolahraga, seperti dikutip dari Health Me Up, bukanlah pilihan tepat. Itu karena sayuran mentah tak cukup mengembalikan energi setelah latihan yang intensif. Kecuali, Anda mengkonsumsi sayuran mentah bersamaan dengan asupan kaya protein seperti ikan, daging, atau telur rebus.

Minuman manis bersoda
Mengeluarkan banyak keringat dan haus, itu pasti Anda alami saat berolahraga. Setelah selesai, minuman dingin dan manis memang sangat menyegarkan. Sebaiknya, minuman manis apalagi bersoda Anda tak dikonsumsi setelah olahraga.

Alasannya, minuman tersebut kadar gulanya sangat tinggi. Jika Anda ingin menurunkan berat badan, gula akan memperlambat metabolisme. Diet dan olahraga yang Anda lakukan sebelumnya, bisa jadi tak efektif.

Cemilan gurih

Keripik kentang dan keripik gurih lain memang makanan ringan menggoda. Tapi, kandungan garamnya berlebihan, yang bisa menurunkan kadar potasium dalam tubuh. Karena potasium adalah mineral penting untuk kerja sel, dengan mengkonsumsi makanan gurih maka sel tak bekerja efektif. Pemulihan tubuh setelah berolahraga pun tidak berlangsung cepat. (umi)

Park Serpong Jadi Lokasi Bukber Dispar Banten, Intip Potensi Bisnis dan Kontribusinya ke Daerah
Ammar Zoni

Mumpung Ramadhan, Ammar Zoni Banyak Berdoa Agar Segera Bebas dari Penjara

Mumpung Ramadan, Ammar Zoni Banyak Berdoa Agar Segera Bebas dari Penjara

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024