9 Butir Perdamaian Bentrok Lampung Belum Disepakati

Bentrok Antar Warga di Lampung
Sumber :
  • Antara/Kristian Ali

VIVAnews - Polisi masih berupaya melakukan mediasi dua kubu yang bentrok di Lampung Selatan. Hingga kini, poin-poin upaya damai yang sudah disosialisasikan polisi itu belum juga disepakati bersamai.

"Sosialisasi sembilan butir perdamaian berusaha disepakati kedua pihak," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri, Brigadir Jenderal Polisi Boy Rafli Amar di kantornya, Jakarta, Sabtu 3 November 2012.

Menurut Boy, saat ini polisi masih terus melakukan mediasi untuk pembicaraan lebih lanjut. Polisi terus berusaha agar tercipta perdamaian dari bentrok dua hari yang menewaskan 12 orang, merusak ratusan rumah, dan membuat 1.484 orang mengungsi itu.

"Jadi hari demi hari terus diupayakan. Sehingga masing-masing sampai pada titik kesepakatan," kata Boy.

Selain terus mengupayakan kesepakatan damai, polisi juga tetap melakukan proses hukum atas tindak pidana yang sudah terjadi. Polri meminta dukungan semua pihak untuk melakukan proses penegakan hukum secara objektif atas bentrokan yang terjadi pada 28 dan 29 Oktober lalu itu.

Dalam bentrokan yang dipicu isu pelecehan seks itu, polisi belum juga menetapkan tersangka. Akibat bentrokan itu saat ini sejumlah warga Balinuraga yang desanya rata dan hangus terbakar, mengungsi ke Sekolah Kepolisian Negara di Kemiling.

Polisi juga berharap ada bantuan bagi pengungsi akibat bentrokan ini. Polisi belum bisa memprediksi sampai kapan pengungsi ini akan kembali ke daerah asalna. "Kami harap ada realisasi positif sehingga rekonstruksi kerusakan pascakonflik bisa segera dilakukan perbaikan," jelas Boy. (sj)

Polisi Bongkar Sifat Sopir Truk Ugal-ugalan yang Sebabkan Kecelakaan di GT Halim
Gunung Marapi, Sumbar.

Gunung Marapi Kembali Erupsi, Terjadi Hujan Abu Vulkanik dan Ganggu Penerbangan

Aktivitas Gunung Marapi, di Sumatera Barat, kembali meningkat setelah sempat mereda. Pada Jumat, 29 Maret 2024 pukul 19.39 WIB. Bandara juga ikut terganggu akibat erupsi.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024