Anggaran Pensiun Tak Sehat, Bebani Negara?

Pinjaman pensiun
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews- Menteri Keuangan Agus Martowardojo mengakui pengelolaan anggaran pensiun masih tak sehat. Hal itu terlihat anggaran pembayaran pensiun 2013 mencapai Rp77 triliun atau menyedot seperempat anggaran belanja pegawai sebesar Rp240 triliun.

Besarnya anggaran itu akan terus membebani fiskal dan menghambat pengembangan pertumbuhan ekonomi ke depan. "Itu tidak cukup sehat. Karena itu harus kita atur agar sehat," ujar Agus di kantornya, Jakarta, Senin 29 Oktober 2012.

Agus menjelaskan salah satu yang harus diwaspadai adalah kenaikan gaji pegawai yang naik tiap tahun. Pasalnya otomatis dana pensiun juga akan ikut naik. Jika terus berlangsung akan semakin membebani pemerintah. "Pemerintah menyiasati dengan memberikan tunjangan kinerja/remunerasi," ujarnya.

Direktur Jenderal Anggaran Herry Purnomo mengatakan untuk mengatasi masalah ini, pihaknya bekerjasama dengan Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Terutama untuk mencari formula baru sistem pengalokasian dana pensiun. Hal itu bertujuan agar pemerintah dan pensiunan tidak ada yang dirugikan. "Pembahasan mengenai hal itu juga melibatkan Bank Dunia," ujarnya. (adi)

Cak Imin Dikabarkan Maju Pilgub Jatim, PKB Ingin Fokus di MK Dulu: Tidak Lama Hanya 14 Hari
Supir truk dengan inisial Ml (18), ditangkap polisi lantaran memicu kecelakaan beruntun di Gerbang Tol (GT) Halim Jakarta, Rabu 27 Maret 2024.

Respons Polisi soal Pengakuan Mengejutkan Sopir Truk Pemicu Kecelakaan Beruntun di GT Halim

Menurut polisi, pengemudi truk ugal-ugalan berinisial MI (17) yang picu kecelakaan beruntun di Gerbang Tol (GT) Halim masih ngelantur saat diperiksa.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024