VIDEO: Yati, Pemulung Yang Berkurban 2 Kambing

Mak Yati, pemulung pemberi korban
Sumber :
  • tvOne

VIVAnews - Pasangan pemulung Yati, 55 dan Maman, 35 akan dihadiahi rumah dan pekerjaan yang layak oleh Menteri Sosial, Salim Segaf Al Jufri. Mereka diberi apresiasi atas keikhlasannya dalam berkurban saat Idul Adha.

Terlebih, untuk melakukan kurban, mereka harus menabung selama tiga tahun. Kegigihan Yati dan Maman akhirnya membuahkan hasil. Mereka mampu membeli dua ekor kambing yang diserahkan ke Masjid Al Ittihad, Tebet, Jakarta Selatan.

Menurut Salim, sikap Yati dan suaminya inilah yang harus diteladani oleh masyarakat Indonesia. "Sifat kesetiakawanan sosial, gotong royong, dan tolong menolong ada di dirinya. Kalau banyak masyarakat yang seperti ini, tidak ada lagi anak terlantar ataupun warga yang tinggal di bawah jembatan," ujar Salim saat mengunjungi kediaman pasutri ini di kawasan Tebet, Jakarta Selatan, Minggu 28 Oktober 2012.

Saat ini, kata Salim, Kementerian Sosial telah mengirim tim untuk mensurvei tempat kelahiran Yati di Pasuruan, Jawa Timur. "Agar mereka memiliki tempat tinggal. Kami juga mencarikan cara agar yang bersangkutan bisa memiliki untuk hidup yang lebih baik," kata Salim.

Yati sendiri mengucapkan terima kasih atas rencana itu. Meski dia tidak mengharapkan hadiah apapun karena sejak awal sudah niat dan ikhlas untuk melaksanakan ibadah kurban.

"Saya ingin sekali saja, seumur hidup memberikan daging kurban. Ada kepuasaan, rasanya tebal sekali di dada. Harapan saya semoga ini bukan yang terakhir," katanya. Saksikan videonya

Dalam kesehariannya, Yati dan Maman mengumpulkan botol dan barang bekas lainnya di sekitar wilayah Tebet. Pendapatan mereka jika digabung hanya sekitar Rp25 ribu per hari.

Pelaku Ditangkap, Begini Modus Sopir Taksi Online Todong Penumpang Rp 100 Juta

Tapi, setelah menabung tiga tahun dari jerih payah mereka, tahun ini mereka memutuskan membeli dua ekor kambing dengan nilai total seharga Rp3 juta untuk dikurbankan. (adi)

Penyelundupan Pil Koplo di Lapas Yogyakarta (dok istimewa)

Pengunjung Coba Kelabui Petugas Lapas Yogyakarta Simpan Pil Koplo di Betis, Malah Ketahuan

Petugas Lapas Kelas IIA Yogyakarta menggagalkan dua kali penyelundupan pil koplo dari pengunjung kepada warga binaan, salah satunya bermodus menyembunyikan pil di betis.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024