Menteri India: Pilih Jodoh, Lihat dari Toiletnya

Bocah mandi di depan toilet umum di India
Sumber :
  • Reuters/Jagadeesh NV/Files

VIVAnews - Wanita di India menerapkan syarat tambahan bagi para lelaki yang ingin meminang mereka, yaitu harus punya toilet. Jika tidak, siap-siap saja ditolak mentah-mentah oleh wanita idaman.

Prabowo: Tuduhan Prabowo-Gibran Menang Curang Lewat Bansos Sangat Kejam

Syarat baru ini diterapkan menyusul kampanye baru pemerintah India bernama "Tidak ada toilet, tidak ada pernikahan". Diluncurkan oleh Menteri Pembangunan Perkotaan Jairam Ramesh, kampanye ini menghimbau para wanita lajang India untuk menolak para pria yang tidak punya toilet di dalam rumahnya.

Dalam pidatonya di desa Rajasthan, Ramesh mengatakan bahwa di India lebih banyak kuil daripada toilet. Untuk itulah, para wanita diminta jangan hanya menimbang calon suami berdasarkan astrologi, tapi juga dari sisi kebersihan.

"Kalian datang ke dukun untuk mencari tahu rahu-rahu (susunan bulan dan matahari) sebelum menikah. Harusnya kalian juga harus cari tahu apakah ada toilet dalam rumah mereka sebelum memutuskan. Jangan menikahi lelaki yang tidak punya toilet," kata Ramesh memperingatkan.

Jumlah warga yang punya telepon genggam di India lebih banyak ketimbang yang punya toilet. Sebanyak 900 juta dari 1,2 miliar populasi India punya hand phone, tapi setengah dari populasi tersebut tidak punya toilet. Hanya 11 persen populasi India punya toilet yang terhubung dengan sistem selokan.

Akibat tidak adanya toilet dalam rumah, warga buang hajat di toilet umum yang kebersihannya tidak terjamin atau di udara terbuka. Ramesh mengatakan, India adalah "toilet terbuka terbesar" di dunia.

Akibat ketiadaan toilet, wanita menjadi korbannya. Banyak wanita harus bangun di pagi buta untuk mencari lahan buang hajat. Saat mencari toilet di kegelapan, mereka kerap menjadi korban penyerangan dan perkosaan oleh lelaki hidung belang.

Ramesh mengatakan akan berpidato soal "tolak nikah jika tidak ada toilet" ini hingga ke seantero negeri. "Kita harus menghapuskan sistem toilet di udara terbuka ini. Kampanye ini akan dilanjutkan untuk menghapuskannya," kata Ramesh.

Taylor Swift Tolak Tawaran Manggung Rp 146 Miliar! Pilih Fokus ke Album Baru daripada Uang?
Angger Dimas saat berada di makam Dante

Angger Dimas Ungkap Alasan Sang Ibunda Dimakamkan Dekat Makam Dante

Angger Dimas mengungkap alasan memakamkan jenazah Tri Rahayu di dekat makam sang buah hati, Dante.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024