Golkar Jaring Caleg Eksternal untuk Pemilu 2014

Partai Golkar Mendaftar Sebagai Peserta Pemilu 2014 Di KPU
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews – Golkar menjaring tokoh eksternal untuk ikut berkompetisi sebagai calon anggota legislatif pada Pemilu 2014 melalui partainya. Partai beringin itu bahkan menyediakan 10 persen slot khusus untuk diisi caleg dari luar Golkar.

Sepuluh persen itu dari total caleg Golkar itu sama dengan 56 caleg. Namun ada syarat khusus bagi orang luar Golkar untuk menjadi caleg dari partai itu, yaitu harus populer dan bisa menjaring suara rakyat. “Kalau tidak populer, tentu tidak akan kami pasang. Kalau tidak bisa dapat suara rakyat juga tidak bisa menang,” kata Ketua Umum Partai Golkar, Aburizal Bakrie, Selasa 23 Oktober 2012.

Usul 10 persen slot caleg Golkar diisi eksternal partai, menurut Ical dimunculkan Dewan Pimpinan Pusat Partai Golkar pada Rapat Pimpinan Nasional Golkar beberapa waktu lalu. “Ada usul untuk memberi Ketua Umum hak prerogatif guna menentukan 10 persen caleg Golkar dari luar,” ujar Ical.

Dengan demikian, Ketua Umum Golkar nantinya bisa mengambil 56 tokoh populer dari luar partai, untuk dijadikan caleg. Ical menambahkan, caleg populer itu tidak harus berasal dari kalangan artis, asal dia memiliki elektabilitas dan kemampuan untuk menggalang suara rakyat.

“Jadi bila ada orang yang ingin pindah ke Partai Golkar atau semula ia tidak memiliki partai, lantas mau masuk Golkar dan elektabilitasnya di survei bagus, dia bisa disahkan menjadi anggota Golkar berdasarkan kriteria khusus itu,” kata Ical.

Tanpa kriteria khusus itu, lanjut Ical, sulit bagi orang luar Golkar untuk menjadi caleg Golkar. Ini karena aturan Golkar selama ini mensyaratkan seseorang untuk sudah berkiprah minimal lima tahun di Golkar jika ia mau maju menjadi caleg.

Rapat Pimpinan Nasional Partai Golkar akhir Oktober 2012, menurut Ical, akan mematangkan ketentuan khusus itu, termasuk merinci apa saja syarat untuk bisa menajdi caleg. Rapimnas juga akan membahas visi jangka panjang Partai Golkar sampai tahun 2045, strategi pemenangan Pemilu 2014, dan penerbitan buku sejarah Partai Golkar. (eh)

Viral! 4 Pria Terkapar Dipukuli di Depan Polres Jakpus Dipicu Pengeroyokan Anggota TNI
VIVA Militer: Tiga jenderal Marinir purna bhakti

3 Jenderal Hantu Laut Pamit Tinggalkan Marinir, Salah Satunya Intelijen Kakap TNI

Siapa saja ketiga jenderal itu?

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024