Tinggal Dua Bulan, Kejar Target 8 Juta Wisatawan Asing

Homestay di Sawinggrai Raja Ampat
Sumber :
  • VIVAlife/Maya Sofia

VIVAnews - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menargetkan 9 juta kunjungan wisatawan mancanegara pada 2013. Target tersebut meningkat dibanding tahun ini sebanyak 8 juta wisatawan asing.

"Sebagai tuan rumah APEC, kami optimistis target tersebut akan tercapai," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Mari Elka Pangestu, ketika ditemui pada acara Indonesia and APEC's Regional and Global Opportunities di Jakarta, Senin 22 Oktober 2012.

Untuk jumlah wisatawan asing tahun ini, Mari mengatakan, per Agustus sudah mencapai 5,6 juta wisatawan. Sementara itu, target Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif adalah 8 juta wisatawan mancanegara.

Walau belum mendekati target, Mari menyatakan Kementeriannya tetap optimistis, karena ada satu lagi peak season bagi pariwisata Indonesia, yaitu pada November-Desember yang belum dilalui.

"Jadi, kami punya dua peak season untuk wisatawan mancanegara datang ke Indonesia. Itu ada pada Juli-Agustus dan November-Desember," imbuhnya.

Dari segi devisa, mantan menteri perdagangan pada Kabinet Indonesia bersatu jilid I ini menargetkan penerimaan devisa US$8,5 miliar. Selanjutnya, pada tahun depan, devisa diharapkan meningkat menjadi US$9,5 miliar.

Sayangnya, Mari belum bisa merinci jumlah devisa yang sudah masuk dari kegiatan pariwisata itu per Oktober 2012. "Kami tidak ada angka per bulannya, hanya dikeluarkan pada akhir tahun," jelasnya.

"Akhir tahun ini akan ada lomba triathlon di Bintan. Kami berharap wisatawan terdekat dari Malaysia dan Singapura bisa banyak datang dan turut berpartisipasi," imbuhnya.

10 Negara Ini Dicap Paling Malas Gerak Sedunia, Kok Bisa?
Ilustrasi berjalan tanpa alas kaki.

Viral Seorang Remaja Jalan Puluhan Ribu Langkah demi Datang ke Masjid untuk Hal Ini

Belum lama ini viral mengenai seorang remaja berusia 14 tahun dari Amerika Serikat yang berjalan selama 3 jam dan menempuh 35.000 langkah menuju masjid untuk hal ini

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024