Bank Dunia: Ekonomi RI Terbukti Kuat

sorot apartemen - Pembangunan Apartemen di Jakarta
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVAnews - Bank Dunia menyatakan pertumbuhan ekonomi Indonesia terbukti tetap kuat menghadapi pelemahan ekonomi dunia, karena didorong oleh kuatnya konsumsi pribadi dan meningkatnya investasi.

Dalam laporan Perkembangan Triwulan Perekonomian Indonesia edisi Oktober 2012 yang diterbitkan Bank Dunia menunjukkan laju ekonomi Indonesia tetap bertahan kuat di kuartal kedua, meningkat sebesar 6,4 persen dan sedikit di atas pertumbuhan kuartal pertama sebesar 6,3 persen.

Ekonom Utama dan Penasehat Ekonomi Bank Dunia untuk Indonesia, Ndiame Diop menjelaskan perekonomian global dan Indonesia saat ini sangat kontras, di saat perekonomian global sangat rapuh, Indonesia mempunyai pertumbuhan ekonomi yang tinggi dan dibarengi dengan besarnya kepercayaan investor.

"Namun dengan tetap tingginya ketidakpastian global, tantangan Indonesia adalah menjaga ketahanan ini," kata Ndiame dalam "Indonesia Economic Quarterly" di Jakarta, Senin 15 Oktober 2012.

Ia menjelaskan berbagai negara kuat seperti China dan India sedang mengalami pelemahan ekonomi yang tajam. Ia mengakui salah satu kunci ketahanan Indonesia adalah konsumsi domestik, namun sisi investasilah yang menjadi kunci kontribusi pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Investasi di Indonesia telah berkembang secara dinamis dan membantu pertumbuhan ekonomi Indonesia secara jangka panjang. Bank Dunia mengapresiasi Pemerintah Indonesia terus berupaya meningkatkan kesiagaan menghadapi krisis dan mendorong investasi di infrastruktur.

Bank Dunia memproyeksikan PDB Indonesia tumbuh 6,1 persen pada 2012 dan meningkat menjadi 6,3 persen untuk 2013. Ia menyarankan agar pemerintah Indonesia memperhatikan secara serius dampak pelemahan ekonomi China yang akan terasa ke Jepang dan Korea Selatan.

"Korea Selatan adalah salah satu mitra besar Indonesia, China juga memiliki pasar yang kuat di Indonesia," katanya. (eh)

Sengketa Pilpres Dinilai Jadi Pembelajaran, Saatnya Prabowo-Gibran Ayomi Semua Masyarakat
Airlangga Hartarto Didukung Satkar Ulama jadi Ketum Golkar 2024-2029

Airlangga Dapat Dukungan Satkar Ulama jadi Ketum Golkar Lagi, Didoakan Menang Aklamasi

Dukungan ke Airlangga Hartarto, untuk kembali memimpin Partai Golkar, terus berdatangan. Kali ini, dari organisasi didirikan Golkar, yakni Satuan Karya atau Satkar Ulama.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024