Polri: 20 Penyidik Masih Bekerja di KPK

Penggeledahan oleh KPK.
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin

VIVAnews - Kepala Biro Penerangan Masyarakat Mabes Polri Brigjen Pol Boy Rafli Amar menyatakan penyidik Polri yang bertugas di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) masih menjalankan pekerjaannya di instansi tersebut.

Padahal sebelumnya, Polri menyatakan sebanyak . Namun demikian, Boy menegaskan tidak lama lagi mereka akan segera bekerja di lingkungan Polri.

"20 penyidik ini, semuanya masih kerja di KPK dan kita berharap beberapa hari ke depan akan ada pengiriman nama-nama calon yang akan mengantikan mereka," kata Boy di Mabes Polri, Jakarta, Senin 1 Oktober 2012.

Boy menjelaskan ke-15 penyidiknya setelah resmi melapor beberapa waktu lalu langsung kembali bekerja di KPK sampai masa tugasnya selesai. Informasi terakhir yang dia dapat, mereka tetap bertugas menyelesaikan tugas di KPK.

"Sambil kita mempersiapakan pengganti karena ada seleksi dari kita. Dari 30 sampai dengan 40 hasil seleksi internal kita beri kepada KPK untuk diseleksi lagi," terangnya.

Boy mengaku tidak tahu apakah di antara mereka ada yang menolak kembali ke Polri dan memilih mendaftar sebagai penyidik independen di KPK. Namun jika ada, Polri tidak akan memberikan sanksi kepada mereka. "Nggaklah," ucapnya singkat.

Sebelumnya, 15 orang penyidik Polri di KPK diberitakan telah kembali atau melapor ke Markas Besar Polri. Mereka akan segera ditugaskan di lingkungan Polri. Penyidik terakhir yang melapor adalah AKBP Yudhyawan.

Masa tugas dari 20 penyidik itu bervariasi, ada yang berakhir dari setahun yang lalu, 2011, ada pula yang bulan September ini. Berdasar surat perintah (sesprin) yang dikeluarkan oleh Polri sendiri, masa penugasan mereka adalah satu tahun.

Berikut adalah nama-nama penyidik Polri di KPK yang sudah kembali atau melapor ke Markas Besar Polri;

1. Kompol Widodo Simangunsong
2. Kompol Indra Lutfrianto
3. Kompol Moh Agus Hidayat
4. AKP Susilo Edi
5. AKP Wahyu Istanto
6. AKBP Moh Ikrom
7. Kompol John CE Nababan
8. AKBP Cahyono Wibowo
9. Kompol Adri Effendi
10. Kompol Gunawan
11. AKP Ardi Rahananto
12. Kompol Bhakti Erni Nurmansyah
13. AKBP Djoko Poerwanto
14. AKP Verdy Irawan
15. AKBP Yudhyawan (tahun lalu selesai)

Lima penyidik Polri yang belum kembali atau melapor;

1. Kompol Bambang Sukoco
2. Kompol Rilo Pambudi
3. Kompol Rizka Anung Nata
4. Kompol Sugianto
5. Kompol Hendrik.

LIVE: Momen Bersejarah Raja Aibon Serahkan Tongkat Komandan Pasukan Tengkorak TNI ke Letkol Danu
Catherine Wilson

Terpopuler: Catherine Wilson Malu sampai Atta Halilintar Kirim Doa

Round-up dari kanal Showbiz pada Jumat, 19 April 2024. Salah satunya tentang Catherine Wilson yang merasa malu karena mobil pemberian Idham Masse ditarik leasing.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024