Irjen Djoko Susilo Minta Fatwa, Ini Prosedur MA

Korlantas Polri Irjen Djoko Susilo
Sumber :
  • ANTARA/Ujang Zaelani

VIVAnews - Tersangka korupsi Simulator SIM Irjen Djoko Susilo akan meminta fatwa ke Mahkamah Agung siapa berwenang dalam menangani kasusnya, apakah KPK atau Mabes Polri. Namun, sampai hari ini surat permintaan fatwa itu belum sampai ke MA.

"Saya sudah cek ke meja Ketua Muda Pidana Khusus (Djoko Sarwoko), belum ada itu," kata Kepala Biro Hukum dan Humas MA Ridwan Mansyur ketika dihubungi, Jumat 28 September 2012.

Menurut dia, kalau surat permintaan sudah masuk, MA perlu waktu mengkajinya. Cepat atau lambat fatwa keluar, tergantung tingkat kesulitan kasus yang dimintakan fatwanya, apakah kasusnya pelik atau tidak. "Jika permasalahannya tidak pelik, fatwa bisa langsung diberikan tanpa menunggu waktu," katanya.

Menurutnya, prosedur permintaan fatwa, permintaan disampaikan oleh pihak bersangkutan ke panitera, oleh panitera selanjutnya diteruskan ke Ketua Muda Pidana Khusus dan dilanjutkan ke pimpinan. "Setelah di tangan pimpinan nanti akan dibahas melalui rapat pimpinan," katanya.

Seperti diketahui, Djoko Susilo mengirimkan tim pengacaranya ke KPK untuk memberitahukan tdak dapat hadir dalam pemeriksaan. "Secara resmi sudah menyampaikan surat kepada penyidik yang berisikan bahwa sampai saat ini DS belum bisa hadir dalam pemeriksaan karena saat ini ada dua masalah. Karena dua instansi ini (KPK-Polri) sedang melakukan penyidikan," kata Juniver Girsang di kantor KPK, Jakarta, Jumat 28 September 2012.

Pihaknya khawatir ada dualisme penyidikan terhadap kasus simulator SIM. Maka atas permintaan Djoko, Juniver meminta penegasan kedua belah pihak untuk memutuskan siapa yang berwenang melakukan penyidikan kasus simulator SIM. "Karena DS juga diperiksa di Kepolisian," ujar Juniver. (eh)

Suara Golkar di Pemilu 2024 Naik Signifikan, Airlangga: Hitungan Kami Dapat 102 Kursi
Anak selebgram Aghnia Punjabi dianiaya

Anak Selebgram Aghnia Punjabi Diduga Dianiaya Pengasuh, Badan Diduduki hingga Kepala Dibanting

Anak selebgram Aghnia Punjabi diduga dianiaya pengasuh. Wajah anaknya babak belur. Mata kiri lebam, bekas luka di daun telinga, dan bibir juga terluka.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024