Di Balik Kemolekan SPG Mobil IIMS

SPG KIA Sorento
Sumber :
  • VIVAnews/Herdi Muhardi

VIVAnews - Indonesia International Motor Show (IIMS) 2012 memasuki hari kelima, para pengunjung yang datang pun semakin beragam dan terus bertambah.

Berbagai pabrikan mobil dan sektor pendukungnya yang ikut ambil bagian melakukan berbagai cara untuk menarik perhatian para pengunjung.

Tidak hanya menampilkan produk baru dan iming-iming hadiah, mereka pun memajang sales promotion girl (SPG) nan cantik untuk menarik pengunjung.

Marsheila, salah satu SPG di IIMS, mengaku dituntut menarik pengunjung untuk datang ke standnya dan melakukan transaksi.

"Lumayan, kalau konsumen bisa melakukan transaksi, kami dapat bonus," kata dara manis berkulit putih ini.

Untuk menarik pengunjung, Marsheila yang kini tengah menuntut ilmu di perguruan tinggi swasta ini tak merasa kesulitan. Itu karena dia mahasiswa yang mengambil jurusan ilmu komunikasi. "Lumayan, sedikit-sedikit tahu marketing," ujar Marsheila dengan senyum ramah.

Marsheila yang baru berusia 22 itu membeberkan keahliannya dalam menarik simpati pengunjung tak lain karena pengalamannya yang sudah cukup panjang. Ia jadi SPG sejak SMA. "Sudah enam tahun jadi SPG, jadi lumayan paham," katanya.

Meski sudah berpengalaman, Marsheila mengatakan bahwa menjadi SPG bukanlah cita-citanya, karena dia menyadari tak mungkin jadi SPG terus-menerus. "SPG itu harus menarik, kalau sudah umur di atas 25 pasti susah," katanya.

Lain halnya dengan Lastria, SPG KIA Mobil. Dia mengaku tidak dituntut memasarkan produk-produk yang tengah dia jaga. Hanya saja, dia mengaku terkadang kelelahan karena harus meladeni beragam pertanyaan yang diajukan pengunjung.

Memang, bagaimana pun seorang SPG dituntut harus memahami produk. "Sebelum pameran kami ada training dua hari, khusus mengenal produk," katanya. "Jadi harus menghafal detail produk."

Lastri mengatakan menjadi SPG terlihat mudah. Namun, baginya ini pekerjaan membosankan karena harus berdiri 5-6 jam-- bahkan dalam kondisi tertentu, bisa lebih lama lagi. "Kayaknya kaki mau copot. Apalagi pakai sepatu hak tinggi," katanya sambil menunjuk hak sepatunya yang hampir 10 cm.

Sudah begitu, meski lama berdiri wajah seorang SPG dituntut tidak boleh terlihat letih lesu. "Muka kami harus selalu segar, meski capai kami harus tersenyum. Apalagi kalau pengunjung minta foto, tidak boleh cemberut."

Honor SPG mobil lumayan tinggi. Untuk 10 jam bekerja, mereka bisa dapat Rp1,2 juta. "Pokoknya, kami harus menjaga agar tetap fresh."

Hard Gumay Ramal Kasus Hukum Chandrika Chika, Warganet: Gila, Ilmunya Dalem Banget
Prabowo-Gibran di Penetapan Presiden-Wapres Terpilih di KPU

Prabowo: Kita Harus Bersatu di Dalam atau Luar Pemerintahan

Prabowo mengajak semua pihak untuk bersatu demi kesejahteraan rakyat Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024