Kotak, Mobil Masa Depan Daihatsu

Daihatsu Cube
Sumber :
  • VIVAnews/Herdi Muhardi

VIVAnews – Tidak menutup kemungkinan, suatu saat dunia ini akan terisi kendaraan berbentuk unik serta mesin ramah lingkungan. Saat ini saja, di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2012, PT Astra Daihatsu Motor memperkenalkan mobil berteknologi canggih untuk masa depan ramah lingkungan.

Research & Development Division PT Astra Daihatsu Motor Satrio Budiutomo mengatakan, Daihatsu memiliki tiga tahapan dalam mengembangkan teknologi hijau ramah lingkungan.

Tahap pertama, Daihatsu menerapkan teknologi “Eco-Idle”. Sistem ini mengatur hidup dan mati mesin secara otomatis dalam keadaan macet. Dengan begitu, mobil mencapai efisiensi konsumsi bahan bakar. Selain itu, pada tahap ini juga menggunakan sistem i-EGR yang mampu menghasilkan pembakaran sempurna, dan meminimumkan keluaran gas CO2.

Tahap kedua, Daihatsu melanjutkan pengembangan teknologi dengan menggunakan mesin dua silinder turbocharged. Pada tahap ini mesin memiliki komponen lebih sedikit, sehingga lebih ringan dan bahan bakar yang digunakan lebih sedikit.

Dengan “active ignition system” dan berbagai improvement lainnya, efisiensi bahan bakar bisa mencapai 30 persen. "Daihatsu ingin menghadirkan kenyamanan berkendara dan efisiensi bahan bakar," katanya.

Tahap terakhir adalah Precious Metal Free Liquid Feed Fuel Cell (PMfLFC). Pada tahap ini emisi gas buang CO2 nol, ini adalah wujud kendaraan ramah lingkungan. Bahan pembuatan kendaraan ini memakai sumber daya alam yang lebih sedikit, tidak mengandung logam mulia, sehingga biaya dikeluarkan lebih rendah.

Tahap ini berfokus pada penggunaan bahan bakar cair baru yaitu Hidrazin Hidrat. Zat ini punya kepadatan energi yang tinggi dan tidak menghasilkan CO2. Zat ini adalah bahan bakar cair yang tepat untuk mobil ramah lingkungan generasi baru.

“Semua tahapan ini adalah wujud komitmen Daihatsu untuk menghadirkan kendaraan kompak, dan ramah lingkungan dengan harga yang terjangkau”, kata Satriyo.

Salah satu mobil yang pengembangannya sudah sampai tahap tiga adalah Daihatsu Cube. Meski masih protitype, mobil ini sudah dipamerkan di ajang IIMS 20-30 September. Cube adalah minibus berbentuk kotak yang diboyong langsung dari Jepang.

Suara Golkar di Pemilu 2024 Naik Signifikan, Airlangga: Hitungan Kami Dapat 102 Kursi
Anak selebgram Aghnia Punjabi dianiaya

Anak Selebgram Aghnia Punjabi Diduga Dianiaya Pengasuh, Badan Diduduki hingga Kepala Dibanting

Anak selebgram Aghnia Punjabi diduga dianiaya pengasuh. Wajah anaknya babak belur. Mata kiri lebam, bekas luka di daun telinga, dan bibir juga terluka.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024