Calon Deputi Gubernur BI Mulai 'Berkampanye'

Logo Bank Indonesia.
Sumber :
  • VivaNews/ Nur Farida

VIVAnews - Bank Indonesia resmi mengusung Direktur Eksekutif Departemen Pengelolaan Moneter Bank Indonesia (BI) Hendar sebagai calon deputi gubernur. Hendar akan bersaing dengan Direktur Direktorat Kebijakan Moneter, Pery Warjiyo, untuk menduduki jabatan yang ditinggalkan Budi Mulya.

Untuk mematangkan pencalonan yang akan dilaksanakan pada bulan November mendatang, Hendar mengaku telah mengantongi sejumlah visi dan misi yang akan menjadi fokusnya.

3 Fakta Menarik Serial The Perfect Strangers, Maxime Bouttier dan Beby Tsabina Gemas Banget!

Dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Jumat 21 September 2012, Hendar mengatakan fokus BI ke depan adalah mengimplementasi kebijakan makroekonomi yang diperkirakan masih penuh tantangan akibat kondisi global yang tidak menentu.

"Kebijakan harus terus diarahkan untuk menjaga dan memperkuat pondasi ekonomi domestik yang terbukti mampu bertahan dari krisis agar kemandirian perekonomian Indonesia terjaga," katanya.

Salah satu upayanya adalah dengan terus memperkuat dan memperdalam pasar keuangan dan industri perbankan Indonesia.

Terkait langkah memperkuat kemandirian ekonomi dan pasar keuangan domestik, strategi penguatan pengelolaan cadangan devisa di BI juga harus dilakukan dalam menghadapi risiko tekanan eksternal.

Selain itu, kebijakan moneter dan operasi moneter BI diarahkan mendukung penciptaan pasar keuangan dan industri perbankan yang lebih kuat dan efisien. Utamanya, kebijakan terkait dengan aspek likuiditas pasar sehingga pembiayaan pembangunan ekonomi juga didorong semakin efisien.

"Misalnya, operasi moneter BI juga akan berperan dalam menjaga stabilitas sistem keuangan sekaligus meningkatkan efisiensi pengelolaan utang dan kas negara dengan terciptanya pasar uang dan pasar surat utang yang lebih likuid dan lebih dalam," ujar Hendar.

Untuk diketahui, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono telah menyerahkan dua nama calon Deputi Gubernur BI pengganti Budi Mulya. Kedua nama itu adalah Direktur Eksekutif Departemen Riset dan Kebijakan Moneter, Perry Warjiyo dan Direktur Eksekutif Direktorat Pengelolaan Moneter BI, Hendar. (umi)

Kemenangan Prabowo-Gibran Diharap Jadi Peluang Kembangkan Ekonomi Berbasis Laut
TImnas Indonesia U-23

Pemain Korea Selatan Puji Timnas Indonesia U-23

Timnas Indonesia U-23 dan Korea Selatan akan berhadapan di babak perempat final Piala Asia U-23 2024. Jelang laga itu, pemain Korea Selatan memberikan pujian.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024