Mudik 2008

Cek Layak Jalan di Terminal Lebak Bulus

VIVAnews - Pengelola Terminal Bus Lebak Bulus, Jakarta Selatan akan melakukan pengecekan kondisi mesin bus angkutan mudik secara acak. Seluruh bus angkutan mudik diharap dalam kondisi prima.

"Kami menyewa mekanik untuk melakukan cek layak jalan," kata Kepala Terminal Lebak Bulus Endi Nasution kepada Vivanews di ruang kerjanya, Jakarta Selatan, Kamis 18 September 2008.

Cek mesin kendaraan antar kota antar provinsi (AKAP) ini dilakukan untuk mendukung program tes urin terhadap para sopir bus. Sebab, kondisi fisik sopir yang sehat harus dibarengi kondisi mesin yang sehat pula.

Cek urin dan cek mesin akan dilakukan pada H-4 dan H-5 Lebaran. Untuk tes urin, pengelola terminal bekerja sama dengan petugas Badan Narkotika Provinsi. "Kalau positif pakai narkoba, pemilik bus harus mengganti sopir," ujar Endi.

Demi keamanan dan kenyamanan pemudik, Endi mengupayakan beberapa cara untuk menghalau calo tiket. Selain spanduk himbauan di pintu masuk terminal, pengelola terminal bekerja sama dengan para perusahaan bus untuk menerapkan pakaian seragam kepada karyawannya.

"Jadi masyarakat diminta membeli tiket di loket resmi dengan pelayan yang memiliki identitas seragam jelas," ujarnya.

Beberapa posko seperti kesehatan dan keamanan juga dibangun untuk meningkatkan pelayanan pada puncak arus mudik Lebaran. Lonjakan penumpang diperkirakan mulai terjadi pada H-7.

Harga Emas Hari Ini 26 April 2024: Global Anjlok, Antam Stagnan
Kapolres Metro Depok Kombes Arya Perdana

Pengakuan Pelaku Begal Siswa SMP di Depok Usai Ditangkap: Incar Anak Sekolah Bawa HP

Polres Metro Depok menangkap dua pelaku pembegalan terhadap siswa SMPN 2 Depok yang terjadi pada Rabu, 24 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024