Sumber Daya Air Indonesia Nomor Lima Dunia

Pasca Kebakaran Karet Tengsin
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews - Kementerian Pekerjaan Umum (PU) menyatakan bahwa Indonesia adalah negara yang mempunyai sumber air terbesar kelima di dunia. Sebab, Indonesia mempunyai 3.200 miliar kubik air.

Polri Bongkar Kasus TPPO Modus Kirim Mahasiswa Magang ke Jerman, 5 Orang Jadi Tersangka

"Jumlah air tersebut didapat dari 7.956 sungai dan 521 danau di seluruh wilayah Indonesia," jelas Direktur Jenderal Sumber Daya Air Kementerian PU, Mohammad Hasan di kantornya, Jakarta, Kamis 6 September 2012.

Walaupun memiliki sumber daya yang fantastis, Hasan mengungkapkan bahwa sampai saat ini kekayaan tersebut belum dimanfaatkan sebesar-besarnya oleh masyarakat Indonesia. Terutama, untuk keperluan irigasi dan air baku.

Lawan El Salvador dan Kosta Rika, Timnas Argentina Tanpa Lionel Messi

"Sumber daya air yang baru dapat dimanfaatkan itu sekitar 25 persen untuk penyediaan air baku, irigasi, dan kebutuhan rumah tangga perkotaan dan industri," kata dia.

Selain itu, menurut Hasan,  dari kebutuhan air untuk lahan irigasi sekitar 7,2 juta hektare yang terlayani baru sekitar 11 persen.

Konten Bunda Corla dan Nikita Mirzani Jadi Kajian Dosen Universitas Mercu Buana

"Untuk itu, pembangunan bendungan untuk  air irigasi, air baku industri, dan rumah tangga dilakukan pemerintah di berbagai lokasi untuk kapasitas tampungan waduk sekitar 1,5 miliar meter sampai 2014," ujarnya. (eh)

Menteri Pertanian (Mentan), Andi Amran Sulaiman

Atasi El Nino, Menteri Pertanian: Pemerintah Siapkan Pompanisasi dengan Biaya Rp5,8 Triliun

Menteri Pertanian, Amran Sulaiman mengatakan pemerintah menyiapkan pompanisasi untuk mengatasi dampak El Nino. Menurut dia, langkah ini sudah disepakati saat rapat terbat

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024