Malam Ini Ribuan Kendaraan Padati Puncak

Kemacetan yang terjadi di jalur Puncak
Sumber :
  • VIVAnews/Ayatullah Humaini

VIVAnews - Ribuan kendaraan diperkirakan bakal melintas Kabupaten Cianjur, Jawa Barat menuju ke arah Cipanas, Puncak pada malam ini, Rabu 22 Agutus 2012.

Belum Kepikiran Nikah, Ternyata Ini Kriteria Pria Idaman Ghea Indrawari

Berdasarkan pantauan VIVAnews, sejak sore tadi polisi sudah beberapa kali melakukan rekayasa, berupa buka tutup jalur dari kota Cianjur, tepatnya di Pos Polisi 8 Cepu atau Bundaran Tugu Ngaos Mamaos dan Maenpo.

Saat diberlakukan penutupan di kawasan ini, arus lalu lintas otomatis hanya bergerak satu arah saja.

Bukan Hina Pemain Korea Selatan, Ernando Minta Maaf dan Jelaskan Alasan Joget Usai Gagalkan Penalti

Dari pantauan, penutupan dilakukan sekitar satu jam sekali secara bergiliran. Rekayasa ini otomatis mengalihkan arus lalu lintas dari arah Sukabumi dan Bandung. Kendaraan dari dua kota ini dibuang ke arah Jonggol untuk selanjutnya masuk ke Bogor dan Jakarta. 

Kabag Operasi Polres Cianjur, Kompol Gatot Satrio memprediksi, malam ini ribuan kendraan yang merupakan rangkaya dari arus balik akan melewati kawasan Cianjur, terutama Puncak.

Gibran Bantah Presiden Jokowi Gabung Golkar

Sebab, hari libur nasional telah selesai, di mana aktivitas kantor di kawasan Jakarta, Bogor, dan sekitarnya akan dimulai besok hari.

"Sekarang, pola rekayasa dibalik tidak seperti arus mudik. Kemarin, Cianjur mendapatkan limpahan pemudik dari banyak wilayah seperti Jakarta, Bogor, dan sekitarnya yang masuk lewat banyak pintu. Pada saat arus balik ini, volume kendaraan hanya masuk dari dua jalur utama," ungkapnya.

Pada arus balik ini, volume kendaraan hanya masuk dari Citarum dan Sukabumi. Rekayasa bisa dilakukan lebih terkoordinasi.

"Bila volume kendaraan yang menuju puncak sudah mulai padat merayap, otomatis jalur yang masuk dari Bandung dan sekitarnya di belokan Citarum untuk masuk ke jonggol. Sedangkan untuk yang dalam kota juga membuang arus dari Sukabumi ke Jonggol," ujarnya.

Gatot mengaku bahwa Polres Cianjur terus berkoordinasi dengan Polres Bogor untuk mengatur Jalur, karena volume kendaraan arus balik saat ini akan berbalik masuk ke kawasn Bogor.

Sementara itu, dari pantauan pos polisi, saat arus balik kali ini didominasi kendaraan roda empat. Ini berbeda dengan arus mudik diman volume kendaraan 60 persen lebih didominasi kendaraan roda dua. (umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya