Menkeu Bahas Tarif Bea Masuk Impor Kedelai 0%

Agus Martowardojo
Sumber :
  • VIVAnews/Adri Irianto

VIVAnews - Menteri Keuangan Agus Martowardojo menegaskan bahwa pengenaan tarif nol bagi bea masuk impor kedelai baru akan diputuskan dalam waktu seminggu ke depan.

Prediksi Semifinal Piala FA: Coventry City vs Manchester United

Saat ini, pengenaan bea masuk lima persen masih berlaku. Padahal, kelangkaan akan komoditas tersebut sudah semakin mengkhawatirkan. "Ini akan kita respons dalam waktu satu minggu," ujar Agus di kantornya, Jakarta, Rabu 25 Juli 2012.

Mengenai hal ini, Agus menambahkan, pihaknya mengakomodir kepentingan seluruh pihak, baik dari kementerian terkait maupun pra pelaku usaha yang bersangkutan.

Namun, dia menegaskan bahwa masalah ini memang berinti pada anomali cuaca yang tidak dapat diprediksikan, sehingga tidak banyak yang bisa dilakukan pemerintah guna menanggulangi permasalahan harga yang melonjak.

Rumah di Bangkalan Hancur Usai Petasan Meledak, 3 Orang Jadi Korban

"Kita pahami bahwa memang kondisi di Amerika itu terjadi kekeringan dan ini berdampak kepada suplai kedelai," tambahnya.

Namun, dirinya menegaskan, pemerintah akan terus berupaya untuk menjaga ketersediaan komoditas tersebut di pasar sehingga permintaan masyarakat dapat terpenuhi. "Kita juga memperhatikan petani kedelai di Indonesia," tuturnya.

Politisi DPP PKB, Daniel Johan

DPP Berani Ungkap Indonesia sedang Dilanda Krisis Paling Berbahaya

Ketua DPP BERANI, Lorens Manuputty menyoroti tiga krisis yang terjadi di Indonesia saat pelantikan tersebut. Menurut dia, Indonesia saat ini sedang mengalami krisis yang

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024