Mendag Ungkap Masalah Kelangkaan Kedelai

Kunjungan Menteri Perdagangan Gita Wirjawan
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews - Menteri Perdagangan (Mendag) Gita Wirjawan menilai permasalahan pola konsumsi yang terlalu berlebihan memicu terjadinya kelangkaan akan produk kedelai saat ini.

10 Negara Paling Religius di Dunia, Peringkat Indonesia Tak Disangka!

Hal tersebut, dia menambahkan, diperparah dengan anomali cuaca yang tidak mendukung produksi kedelai pada tahun ini.

Gita pun pesimistis dengan pengenaan tarif bea masuk barang impor dari lima persen menjadi nol persen, karena tidak akan terlalu berpengaruh dalam meredam kenaikan harga saat ini. Sebab, hal tersebut tidak didukung dengan penyesuaian pola konsumsi masyarakat.

"Saya rasa, elastisitas permintaan ini harus benar-benar diukur. Kalau harga meningkat, apakah kita akan mengubah pola konsumsi," kata dia di Jakarta, Rabu 25 Juli 2012.

Menurut Gita, kenaikan harga di pasar saat ini, juga tidak bisa dikompensasi dengan kebijakan tersebut. "Sekarang kalau harganya naik 200 persen atau lebih, apakah itu akan memberikan efek dengan pemberian bea masuk, saya rasa tidak. Itu sangat kecil sekali presentasinya," tambahnya.

Selain itu, dia menambahkan, untuk peningkatan produksi nasional bukanlah hal yang mudah. Sebab, sampai saat ini permasalahan lahan belum dapat diselesaikan.

"Ke depannya, kita harus komitmen untuk menyiapkan lahan. Namun, bukan lahan saja tapi juga meningkatkan produksi dan kreatifitas," ujar Gita.

Terkait dengan pola konsumsi ini, Gita menyoroti, terkadang pola yang terlalu berlebihan pada masyarakat tidak mampu dibendung sehingga akhirnya berdampak buruk ke depannya.

Dirinya mencontohkan, pola konsumsi gula di Indonesia yang terlalu berlebihan mengakibatkan Indonesia saat ini menempati posisi nomer empat penderita diabetes terbesar di dunia.

"Kita itu di atas batas wajar. Nah, ini suplainya kita harus sikapi tapi permintaannya juga," tuturnya. (eh)

Hari Paskah

30 Ucapan Selamat Paskah yang Penuh Makna untuk Teman dan Keluarga

Hari Paskah adalah hari raya agama Kristen yang dirayakan untuk memperingati kebangkitan Yesus Kristus dari kematian yang terjadi pada hari ketiga setelah penyaliban-Nya.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024