Mentan: Stok Daging Sapi Aman

Kios daging sapi di suatu pasar.
Sumber :
  • ANTARA/Arief Priyono

VIVAnews - Menteri Pertanian Suswono memastikan, pasokan daging sapi selama bulan Ramadan aman, sehingga kenaikan harga diharapkan tak akan terlalu tinggi.

Suswono mengatakan, kelangkaan daging beberapa waktu yang lalu telah mengakibatkan kenaikan harga daging. "Ini karena ada impor sapi yang tertahan di Bea Cukai," kata Suswono di Jakarta, Rabu 25 Juli 2012.

Dia mengatakan tertahannya impor tak lain karena adanya kesalahan persepsi pada pengenaan bea masuk sapi dan lembu. Bea Cukai menetapkan bea masuk pada impor sapi dan lembu. Tapi kenyataannya yang diimpor adalah sapi bakalan. Akibatnya sekitar 125 ribu sapi bakalan tertahan dan tak bisa masuk pasar. Namun, masalah ini sudah selesai.

Suswono mengatakan, dengan jumlaah tersebut ditambah persediaan sapi bakalan lokal sebanyak 30 ribu ekor akan mencukupi kebutuhan Lebaran.

Direktur Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuangan Agung Kuswandono mengungkapkan, kesalahpahaman tersebut terjadi  karena ada perubahan nama komoditas. "Tidak ada masalah pada kami," katanya.

Bambang mengatakan, jika masih ada yang tertahan, ini bukan terkait Bea Cukai, melainkan dengan Badan Karantina. (eh)

Usulan Kejaksaan Izinkan Lima Smelter Perusahaan Timah Tetap Beroperasi Disorot
Jemaah haji Indonesia mendengarkan khutbah Subuh jelang wukuf.

Cegah Informasi Simpang Siur, Jemaah Haji Diimbau Tak Bagikan Kabar Tidak Benar di Media Sosial

Menurut Direktur Bina Haji PHU Arsad Hidayat, jemaah haji diminta tidak asal membagikan informasi yang beredar di media sosial yang belum jelas kebenarannya.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024