Hadapi Lebaran, BI Cetak Uang Rp56,4 Triliun

Uang Rupiah
Sumber :

VIVAnews - Menjelang Hari Raya Idul Fitri, Bank Indonesia akan mencetak uang baru sebesar Rp56,4 triliun. Pencetakan uang baru sebanyak itu untuk memenuhi permintaan uang tunai selama lebaran.

"Itu uang yang hasil cetak dari peruri, perkiraan tahun ini," kata Ronald di Gedung Bank Indonesia Jakarta, Senin 23 Juli 2012.

Uang itu, kata dia, tidak hanya digunakan untuk memenuhi kebutuhan di kota-kota besar. BI, juga akan mendistribusikannya ke sejumlah kantor perwakilan di daerah. Untuk distribusi ke daerah terpencil, BI akan bekerja sama dengan TNI AL.

"Tapi kalau di Jawa relatif murah karena bisa bekerjasama dengan PT Kereta Api dan menggunakan kendaraan," jelasnya.

Tak hanya mencetak uang baru dari Peruri, BI juga akan memfasilitasi penukaran uang tunai selama bulan puasa. Masyarakat dapat melakukan penukaran uang di beberapa lokasi strategis seperti di Monas, stasiun kereta, jalan tol, dan rest area. "Kami menempatkan loket-loket penukaran uang tunai di sana," kata dia.

Sementara itu, untuk memberikan fasilitas penukaran uang di sejumlah kementerian dan beberapa instansi pemerintah, BI akan melayaninya secara kolektif. "Dengan cara dikumpulkan di kementerian, kemudian disampaikan ke kami untuk ditukarkan secara kolektif," tambahnya.

5 Common Cat Diseases, Everything You Need to Know
Bus Transjakarta tetap melayani masyarakat  saat libur nasional untuk Pemilu 2024 pada 14 Februari 2024.

Tarif Bus Transjakarta Rp3.500 Rute Kalideres-Bandara Soetta Berlaku 1 Mei 2024

Bus Transjakarta akan melayani penumpang dari pukul 05.00 hingga 22.00 WIB.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024