Cara Murah Bank Tanpa Cabang

Perbankan Nasional, Bank Permata, Bank Mayapada
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVAnews- Bank Indonesia menggagas rencana bank tanpa cabang (branchless banking) untuk memperluas akses keuangan masyarakat. Pelaku industri menilai cara yang paling mudah adalah menggabungkan jaringan telekomunikasi dengan perbankan.

Direktur Utama BCA Jahja Setiadmadja menilai kerjasama dengan operator telekomunikasi dan perbankan merupakan cara yang paling murah. Namun aturan itu harus disiapkan secara matang. "Infrastruktur juga harus dibangun, terutama call center khusus untuk masalah itu dan edukasi ke masyarakat," ujarnya kepada VIVAnews, Rabu, 4 Juli 2012.

Menurutnya akses keuangan untuk masyarakat di perkotaan sudah terlayani. BCA sendiri mengembangkan kartu pembayaran flazz dan mobile banking yang cukup praktis penggunaannya. Namun memang masyarakat pedesaan dan daerah terpencil masih belum terjangkau. "Transaksinya selalu dengan tunai," ujarnya.

Direktur Utama BNI Gatot M Suwondo mengatakan hal utama yang harus disiapkan dalam mengembangkan branchless banking adalah memastikan infrastruktur berjalan dengan baik. Selain itu perlu juga untuk mengedukasi masyarakat untuk terbiasa menggunakan e-banking channel.

Gatot menjelaskan perusahaan telekomunikasi sebagai pemiliki jaringan, sedangkan bank melalui fitur-fiturnya merupakan pengguna jaringan. Cara yang lain yaitu dalam pembelian barang secara online yang terhubungkan dengan bank. "Jika masyarakat sudah terbiasa menggunakan ini, maka akan tercipta cashless society dan brancless banking," ujarnya. (sj)

Wajah Sering Kena Matahari Jangan Abaikan Penggunaan Moisturizer
Peristiwa serangan teroris di Gedung Teater dekat Moskow, Rusia

Death Toll Rises to 140 in Moscow Terrorism Attack

The Russian Health Ministry said the death toll from last week's attack on a Moscow concert hall rose to 140 on Wednesday, after another victim died in hospital.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024