Bank Mandiri Sudah Terapkan Bank Tanpa Cabang

Bank Mandiri.
Sumber :
  • VIVAnews/Adri Irianto

VIVAnews-  PT. Bank Mandiri Persero Tbk telah menerapkan konsep bank tanpa cabang (branchless banking) melalui Bank Sinar Harapan Bali (BSHB). Bank Sinar Harapan Bali menjalin kerjasama dengan International Finance Corporation (IFC) dan operator telekomunikasi Axis untuk memasarkan produk tabungan dengan konsep tersebut.

Elite Gerindra Sebut Polri Sudah "On the Track" Tangani Kasus Firli Bahuri

"Sejak pertama kali diluncurkan hingga Mei tahun ini  tabungan “Sinar Sip” terus meningkat menjadi hampir 2.000 nasabah," kata Direktur Utama Bank Mandiri Zulkifli Zaini di JCC Jakarta, Kamis 28 Juni 2012.

Menurut Zulkifli, sekitar 10 persen dari angka tersebut adalah nasabah yang baru pertama kali memiliki akses pada perbankan. Volume transaksi nasabah Tabungan Sinar Sip mencapai angka tertinggi Rp170 juta pada bulan Mei lalu.

Zulkifli memberikan contoh keberhasilan penerapan branchless banking di beberapa negara, seperti Brazil, India, dan Meksiko. Brazil misalnya, terdapat 180.000 agent banking yang tersebar di berbagai lokasi. Sedangkan, jumlah jaringan perbankan sendiri ada di 20.000 lokasi. Implementasi branchless banking juga terintegrasi dengan program pemerintah seperti subsidi, perumahan, dan kredit.

"Untuk mendorong, penetrasi branchless banking Mandiri akan menjalin kerjasama Telkomsel, yang memiliki customer 140 juta," ujarnya.

Zulkifli mencontohkan di India sendiri setiap orang diberikan nomor identitas pribadi yang disebur Aadhaar. Mereka yang memiliki Aadhaar bisa terkoneksi dengan AEPS (Aadhaar Enabled Payment System). Dengan AEPS, pemilik Aadhaar bisa melakukan transaksi keuangan secara online lewat agent banking.

Selain itu, hal lain yang perlu diperhatikan, dalam penerapan branchless banking adalah nomor identitas tunggal perlu dibuat dan terintegrasi dengan sistem kependudukan. Artinya satu orang memiliki identitas tunggal. Dengan demikian, pengajuan kredit, terutama di aspek administasi bisa mudah dilakukan dengan berpegang pada prinsip Know Your Customer.

Ilustrasi teknologi tes DNA yang praktis

Analisis Metabolisme Tubuh dan Kebutuhan Nutrisi Lewat Tes DNA

Sebuah tes DNA yang menganalisis metabolisme dan kebutuhan nutrisi, memungkinkan para pengguna memperoleh pemahaman yang lebih komprehensif mengenai kondisi kesehatannya

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024