Minggu, 26 Oktober 2014
07:13 WIB
Menguji Prajurit Elit New Honda Jazz
Apa saja keunggulan mobil hatchback ini?
New Honda Jazz
Sandy Adam Mahaputra | Kamis, 28 Juni 2012, 00:01 WIB

VIVAnews - Serbuan kompetitor belum mampu menggoyahkan tahta New Honda Jazz sebagai raja hatchback Tanah Air. Punya tampilan menawan, agresif, dan sporty menjadi modal awal mobil ini untuk membuat calon konsumen kesengsem.

Tentu saja ubahan apik serta sodoran inovasi tak alpa disematkan pada mobil ini terutama pada varian RS yang merupakan line-up tertinggi Jazz. Kali ini VIVAnews, mendapatkan kesempatan untuk menjajal prajutit elit New Honda Jazz.

Aura sporty begitu kental ketika pertama kali melihat Jazz RS. Paling kentara adalah sosok bumper berdesain agresif. Ditambah lagi perpaduan apik headlamp, kap mesin, dan foglamp yang kini menjadi standar di varian RS.

Bagian buritan juga tak luput dari sentuhan menawan. Bumper barunya dilengkapi reflektor, serta diffuser untuk memperbaiki aliran udara. Sementara lampu belakangnya kini menggunakan LED yang hemat energi dan bereaksi lebih cepat.

Puas melihat bagian eksterior, kini giliran membedah interiornya. Balutan pelapis jok hitam dan biru bermotif baru terlihat menyegarkan. Begitu pula warna baru iluminasi di panel instrumen dan layar MID.

Bicara soal kepraktisan untuk penumpang maupun barang, Honda mengerti betul kebutuhan konsumen Indonesia. Itu terlihat dengan 8 buah cup holder serta pengaturan Ultra Seat yang mudah, membuat ruang barang menjadi sangat fileksibel dengan mudah.

Pengemudi dan penumpang bakal dimanjakan dengan sistem audio yang menggunakan head unit Kenwood DPX-U5120, yang mampu mengoperasikan CD/MP3/WMA, dan dilengkapi aux-in serta slot USB yang kompatibel dengan iPod, iPhone, dan BlackBerry. Bahkan Anda juga bisa mengisi baterai melalui jalur USB.

Pengujian sesungguhnya pun dimulai, terutama soal perfoma dan handling. VIVAnews langsung menjajal Jazz RS untuk dibawa berkeling kota Jakarta.

Masih mempercayai mesin 1.497 cc 4 silinder yang mampu menyemburkan 120 dk pada 6.600 rpm, dan torsi 143 Nm di 4.800 rpm. Kemampuan berlarinya tidak mengecewakan.

Jazz RS bisa melaju 0–100 km/jam dalam 11,1 detik. Performa ini diperoleh berkat perpaduan teknologi i-VTEC, Torque Boost Resonator, dan lapisan di dinding piston yang mampu mengurangi gesekan mesin.

Lalu bagaimana dengan kemampuannya bermanuver di lalu lintas perkotaan? Handling Jazz begitu luwes dan mengasyikkan dikendarai. Ayunan empuk suspensinya tidak membuat kenyaman terganggung. Handling Jazz semakin baik dengan penggunaan pelek alloy 16 inci sebagai kelengkapan standar di tipe RS.

Untuk urusan yang satu ini tampaknya sangat penting bagi para konsumen. Angka konsumsi BBM cukup menggembirakan. Peran transmisi otomatis 5-percepatan memberi kontribusi yang baik dalam hal konsumsi bahan bakar. Tercatat 18 km/liter diperoleh saat melewati rute tol, dan 11 km/liter untuk dalam kota.

Banderol harga Rp224 juta (Jazz RS tipe AT), dinilai cukup pantas dan sebanding dengan keunggulan yang ditawarkan oleh Honda. Baca juga
Persaingan Sengit Berebut Pasar Honda Jazz.

© VIVA.co.id

SHARE

BERITA TERKAIT
BERITA TERPOPULER
Kanal Lainnya