Masakan Rumahan Perancis

French onion soup
Sumber :

VIVAlife - Croissant, baguette, keju camembert, mille feuille adalah sedikit dari makanan terkenal di dunia yang berasal dari Perancis. Memang, selain terkenal sebagai salah satu negeri mode, Perancis juga dikenal sebagai negara makanan enak seantero jagat. 

Otorita IKN Dukung Pengembangan Ekosistem Startup di IKN

Reputasi makanan Perancis memang didasarkan pada kualitas teknik yang mumpuni. Tak heran kalau banyak chef dunia mengenyam pendidikan kuliner dasar di sana, seperti di sekolah masak Le Cordon Bleu. Selain terkenal lewat teknik masak, masakan Perancis juga mengedepankan bahan-bahan berkualitas. 

Auguste Escoffier adalah peletak dasar ilmu masak Perancis yang kini banyak dipakai oleh chef di dunia. Bermula pada awal abad ke-19, chef legendaris Perancis ini meluncurkan apa yang disebut sebagai teknik masak Haute Cuisine. 

29 Pati TNI Naik Pangkat Satu Tingkat Lebih Tinggi, Ini Daftar Namanya

Mengedepankan akan teknik yang benar saat mengolah masakan sehingga diperoleh cita rasa yang prima dan biasanya dilakukan oleh chef-chef di restoran kelas atas berbintang Michelin.

Selain Haute Cuisine, Perancis juga terinvasi oleh yang namanya Nouvelle Cuisine dengan pelopornya Paul Bocuse pada tahun 1960. Sesuai namanya, Nouvelle Cuisine alias kuliner terbarukan, teknik masaknya terpengaruh oleh banyak hal baru. Seperti penggunaan bahan makanan yang bukan dari Perancis, atau teknik masak yang dipersingkat.   

Kronologi Pengeroyokan 4 Pria di Depan Polres Jakpus yang Dipicu Pemukulan Terhadap Anggota TNI

Walau begitu, Perancis selalu bangga dengan makanan-makanan rumahan tiap daerahnya. Seperti Sole a la Normande, masakan ikan dari daerah Normandy di utara Perancis atau Boeuf a la Bourguigonne, 'semur' daging dari Burgundy yang di-infused oleh wine

Yang juga sangat terkenal adalah French Onion Soup (Soupe a l'oignon). Sup ini dikenal sebagai salah satu masakan rumahan Perancis, berisi bawang bombay dengan kaldu sapi serta diperkaya oleh crouton dan keju.

Tak ada tahu yang kapan sup ini mulai populer. Tapi, pada zaman Romawi, sup ini diperuntukkan bagi orang-orang miskin karena bahan utamanya, bawang bombay selalu berlimpah dan tumbuh tak kenal musim. Ditaruh dalam wadah besar yang kemudian dibagi-bagikan ke banyak orang.

Kini, sup bawang bombay Perancis ini lebih dikenal sebagai sup yang disajikan di dalam mangkuk-mangkuk individual berisi kaldu sapi dan bawang bombay berkaramel. Bagian atasnya ditutupi oleh roti dan keju gruyere yang berlimpah yang kemudian dipanggang hingga meleleh. 

Cara membuat sup Perancis ini bisa Anda lihat di tautan berikut ini. Selamat memasak!  (eh)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya