Ini Dia Penyebab Hitamnya Ketiak

Ilustrasi kulit sehat.
Sumber :

VIVAlife - Ketiak memang tersembunyi karena letaknya di bawah lengan. Namun, bukan berarti ketiak tidak memiliki peranan dalam menunjang penampilan.

Lolos Jadi Anggota DPR, Denny Cagur Ungkap Kenangan Haru dengan Almarhumah Ibu

Menurut survei yang dipaparkan Dove di Ciputra Artpreneur, sebanyak 96 persen perempuan peduli terhadap penampilan kulit ketiak. Sembilan dari 10 perempuan, menjadikan kulit ketiak sebagai pertimbangan saat memilih busana.

Idealnya, tampilan ketiak akan memikat jika bebas bulu dan lembut dengan warna kulit merata.  Tentu saja, ketiak yang ideal juga tetap kering namun tetap terjaga kelembaban alaminya.

Sebanyak 80 persen wanita, mengaku tidak puas dengan kondisi ketiaknya. Sebanyak 82 persen dari mereka mengeluhkan warna kulit ketiak yang menghitam, sementara 67 persen lainnya terganggu dengan pori-pori besar serta kulit ketiak yang kasar.

Menurut dr Abraham Arimukho, SpKK, penyebab masalah  di ketiak hanya satu, yaitu iritasi. Kebiasaan mencukur atau mencabut bulu ketiak, ternyata memberi kontribusi paling tinggi terhadap iritasi kulit ketiak. 

Bule Jerman Serang Penjaga Vila di Bali Usai Ditagih Nunggak Sewa 4 Bulan

Padahal, sebagian besar perempuan memiliki kebiasaan menghilangkan bulu ketiak. Entah itu dengan cara mencukur ataupun mencabut bulu.

Faktanya, setiap kali mencukur bulu ketiak, itu sama saja Anda mencukur kulit. Ada sepertiga bagian kulit yang hilang, sekitar 2 hingga 3mg kulit dan ribuan sel kulit.

Bukan Cuma Biar Adem, Tidur Telanjang Ternyata Bermanfaat untuk Kesehatan

"Kebiasaan mencukur dapat mengganggu proses regenerasi kulit secara alami, karenanya, sel kulit yang belum siap mudah sekali teriritasi. Itulah yang menyebabkan kulit ketiak kasar, kering, dan berubah warnamen jadi  lebih gelap," ungkap Ari.

Secara struktural, kulit ketiak memang berbeda, kondisinya lebih lembut dan lebih mudah terluka. Kulit di ketiak mengandung lebih banyak kolesterol dan lebih sedikit ceramides, yang membuat teksturnya lebih tipis dibanding kulit bagian lain.

"Struktur kulit di ketiak sudah beda, lebih gelap. Itu dipicu lagi oleh iritasi yang disebabkan kebiasaan mencukur, yang menyebabkan inflamasi dan akhirnya hiperpigmentasi," terang Ari.

Sebenarnya, bercak hitam di ketiak ini bisa hilang dengan sendirinya dalam hitungan bulan. Asal, iritasinya dihilangkan. "Beri bahan anti bakteri dan pelembab untuk ketiak," sarannya. (umi)

Viral Video Makeup Pengantin Jadi Sorotan Netizen

Viral Video Transformasi Makeup Pengantin Jadi Sorotan Netizen

Makeup pengantin adalah tata rias khusus yang dirancang untuk mempercantik dan menyempurnakan penampilan seorang pengantin pada hari pernikahannya.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024