FOTO : Mari Menyelami Keindahan Raja Ampat

Kepulauan Raja Ampat
Sumber :
  • en.wikipedia.org

VIVAlife - Pulau paling Timur Indonesia ini memang memikat, beruntung kawasan ini masih jauh dari industri dengan segala polusinya.

Remaja di Lampung Tengah Tewas Ditusuk Pakai Pisau Dapur

Jika dulu daerah Papua diidentikkan dengan wisata pedalaman di daerah Wamena, atau pegunungan Jaya Wijaya yang menjadi incaran para penakhluk alam, kini Papua kembali berjaya dengan destinasi barunya, kepulauan Raja Ampat.

Tempat ini disebut-sebut sebagai laut dengan biota terkaya dan paling menakjubkan bagi para penyelam. Berada di bagian barat kepala burung, kepulauan ini memiliki empat pulau besar, Waigeo, Misool, Salawati, dan Batanta.

PKB Bantah Pertemuan Prabowo dan Cak Imin Bahas Kursi Menteri

Menapakkan kaki di kawasan ini, Anda pasti akan betah memandangi kilau air laut yang eksotik dengan tempaan matahari. Ini, masih di atas perahu yang membawa Anda menyusuri lautan. Belum, menceburkan diri di bawahnya.

Kepulauan Raja Ampat

Polisi Ungkap Alasan Chandrika Chika Konsumsi Ganja: Bukan Doping Tapi Circle Pergaulan

Keindahan hutan lautnya memaksa Anda untuk terus berenang ke bawah. Jika Anda berada di sini, Anda tidak sedang bermimpi, Anda akan menemukan ribuan spesies unik yang menakjubkan. Kuda laut katai wobbegong, ikan pari manta, dan juga ikan edemik eviota.

Tim ahli dari Conservation International, The Nature Conservancy, dan Lembaga Oseanografi Nasional yang pernah melalukan penelitian, mereka mencatatkan 540 karang berada di perairan ini, juga 1000 jenis ikan karang dengan berbagai warna memukau, dan 700 jenis moluska ada di sini.

Senang jika ikan-ikan seperti, tuna, giant trevallies, dan snappers mengerumuni Anda. Tapi Anda juga akan menemukan ketegangan saat dikelilingi ikan barakuda, Anda harus bisa melesat lebih cepat. dari mereka. Tentu ini akan menjadi pengalaman yang tidak terlupakan, menjelajah dinding laut dan mengikuti hempasan air laut yang sedikit mengombang-ambingkan tubuh.

Kepulauan Raja Ampat

Untuk dapat sampai di sini, Anda perlu perjuangan dan sedikit merogoh kantung. Akses dari Jakarta dapat ditempuh dengan menggunakan pesawat yang singgah di kota Manado. Kemudian, Anda akan melanjutkan penerbangan ke Sorong selama enam jam. Waktu yang cukup menjemukan untuk bertahan di dalam pesawat. Tapi ini akan terbayar dengan kekaguman Anda pada alam Papua yang luar biasa.

Sebenarnya, kepulauan Raja Ampat jidak hanya direkomendasikan bagi para penyelam. Anda yang tidak suka menyelam pun dapat menikmati hamparan pantai berpasir putih dengan sapuan ombak-ombak kecil. Anda juga akan disambut dengan bunga-bunga anggrek yang menggoda. Atau kicauan cenderawasih, kakatua, dan nuri dengan kepak sayap warna-warni yang tidak kalah cantik.

Ingin ikut menyelami keindahan Raja Ampat, klik di sini.

(eh)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya