Disurvei No 2, PDIP Bakal Jemput Pemilih Muda

Ilustrasi-Simpatisan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP)
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews – Survei internal PDIP yang menggandeng IndoBarometer menunjukkan, pemilih muda di bawah usia 30 tahun ternyata lebih memilih Partai Golkar ketimbang partai banteng bermoncong putih itu. Hal ini tak pelak menjadi bahan evaluasi bagi PDIP.

“Artinya kami harus jemput pemilih muda. Departemen Pemuda PDIP harus merespons hasil survei itu dengan membuat program-program yang menarik untuk anak-anak muda,” kata politisi PDIP Ganjar Pranowo kepada VIVAnews, Jumat 8 Juni 2012.

“Gaya anak muda itu ngepop. Gaya ini harus menjadi segmentasi cara kami dalam mendekati mereka. Tidak bisa mendekati anak muda dengan gaya anak tua. Harus ada metode khusus untuk menarik hati mereka,” papar Wakil Ketua Komisi II DPR itu.

Untuk memperingati Hari Lahir Pancasila misalnya, lanjut Ganjar, PDIP tidak bisa membuat acara seminar yang membosankan bagi para mahasiswa dan siswa yang merupakan pemilih pemula. “Kalau ketemu kelompok muda, ya kami adakan lomba musik. Misal kompetisi menyanyikan lagu wajib nasional, ditambah kompetisi lagu karya cipta mereka sendiri dengan tema kebangsaan,” kata dia.

Cara lain, menurut Ganjar, bisa juga dengan berdialog santai ke kampus-kampus soal kondisi bangsa. “Saya sendiri punya banyak undangan ke berbagai perguruan tinggi. Minggu depan saja saya ada 3 undangan ke perguruaan tinggi di Yogyakarta,” ujarnya.

Kamis 7 Juni 2012, Ketua Dewan Pimpinan Pusat Bidang Pemuda PDIP Maruarar Sirait membeberkan hasil survei IndoBarometer untuk PDIP, salah satunya mengenai pemilih muda. “Golkar urutan pertama yang dipilih mereka, yakni dipilih 16,8 persen responden. Disusul PDIP 13,7 persen, Gerindra 9,8 persen, dan Demokrat 4 persen,” beber Maruarar di Kantor Pusat PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan.

Survei IndoBarometer ini digelar tanggal 8-19 Mei 2012 di 33 provinsi di seluruh Indonesia dengan jumlah responden 1.200 orang. Survei menggunakan multistage random sampling dengan margin of error 3 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen. Survei dilakukan dengan wawancara tatap muka langsung memakai kuesioner.

PDIP menggelar survei ini guna mengevaluasi kinerja partai, serta mengetahui tingkat elektabilitas pemilih muda. Maruarar menjelaskan, IndoBarometer dipilih sebagai pelaksana survei untuk menjaga obyektivitas PDIP terkait hasil survei. (eh)

Mau Lebaran, Dua Kepala Sekolah Malah Jadi Tersangka Korupsi PPPK di Langkat
Stefano Pioli dan para pemain AC Milan

AC Milan Jangan Gegabah Ganti Pioli dengan Conte

Masa depan Stefano Pioli bersama AC Milan masih belum ada kejelasan. Sempat beredar kabar jika dia takkan lagi menjadi pelatih di musim depan.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024