KOI: Target Lanjutkan Tradisi Emas Olimpiade

Rita Subowo (ke-6 dari kiri) bersama Olympian Indonesia
Sumber :
  • VIVAnews/Edwan Ruriansyah

VIVAnews - Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Rita Subowo, berharap bisa meneruskan tradisi meraih medali emas di pentas Olimpiade. Meski sejauh ini, Indonesia baru meloloskan 17 atlet ke Olimpiade 2012 di London, Inggris.

"Soal target, Insya Allah Indonesia akan meneruskan tradisi emas di Olimpiade meski jumlahnya belum tahu. Kami mengharapkan dukungan dari semua pihak untuk mewujudkan itu," kata Rita dalam acara The Road to be Olympian: Welcoming 2012 Olympic Games di Senayan, Jakarta, Kamis 7 Juni 2012.

Sejauh ini, Indonesia baru meloloskan 17 atlet ke Olimpiade 2012 London, Inggris. "Saya sebenarnya berharap Indonesia bisa meloloskan 30 atlet," lanjut Rita.

Tercatat 9 atlet dari bulutangkis, 6 dari angkat besi dan masing-masing 1 dari anggar dan panahan dipastikan akan berangkat ke London. KOI berharap masih bisa meloloskan beberapa atlet lagi dari beberapa ajang kualifikasi yang tersisa.

Acara The Road to be Olympian: Welcoming 2012 Olympic Games digunakan untuk memotivasi para atlet Indonesia yang akan tampil di Olimpiade London, 27 Juli-12 Agustus 2012. Indonesian Olympian Association (IOA) juga hadir untuk memotivasi. Organisasi ini beranggotakan mantan atlet Indonesia yang pernah tampil di Olimpiade.

"Terus terang saya sedih setiap menjelang Olimpiade karena sepertinya pembinaan di Indonesia terbelakang. Indonesia punya 240 juta penduduk, tapi baru bisa meloloskan 17 atlet," kata mantan petenis Yayuk Basuki, salah satu anggota IOA yang pernah tampil di Olimpiade 1988, 1992, 1996 dan 2000 ini.

Keprihatinan juga dilontarkan Sekretaris Jenderal IOA, Lukman Niode. Mantan perenang ini berharap Indonesia lebih memfokuskan pada cabang-cabang olahraga Olimpiade di masa datang.

"Indonesia memang menjadi juara umum SEA Games 2011. Tapi, jika dibandingkan perolehan di cabang Olimpiade, Indonesia kalah 1 medali," ujar Lukman.

Berteduh Sambil Main HP, 3 Anggota TNI Tersambar Petir di Dekat Mabes Cilangkap

Tinggal 50 hari, Olimpiade London akan digelar. Sambil mempersiapkan atlet, ada baiknya KOI mulai mempertimbangkan pembinaan di cabang-cabang Olimpiade di masa depan.

Jemaah haji Indonesia mendengarkan khutbah Subuh jelang wukuf.

Kemenag Pastikan 75.572 Visa Jemaah Haji Reguler Indonesia Sudah Terbit

Saat ini, data jemaah haji Indonesia yang masuk sebanyak 216.692. Dari jumlah itu, sebanyak 207.527 jemaah datanya sudah diverifikasi untuk diajukan penerbitan visanya.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024