Rabu, 20 Agustus 2014
15:47 WIB
Peran Facebook dalam Perceraian
Dari mulai curigai pasangan hingga terbayang penyebab perceraian.
Facebook Tempat Membocorkan Rahasia Hubungan
Karlina Octaviany | Selasa, 5 Juni 2012, 17:04 WIB

VIVAnews - Facebook menjadi tempat berbagi berbagai hal. Kadang terlalu banyak informasi yang dibagi. Menurut organisasi yang memberikan dukungan menghadapi masalah perceraian, Divorce Support, Charlotte Friedman, Facebook bisa Anda gunakan untuk mengecek kesetiaan pasangan.

Dengan membaca Facebook, Anda bisa mengetahui masa perselingkuhan, kedalaman perasaan dalam hubungan dengan pasangan dan selingkuhan, bahasa cinta atau seks yang digunakan, dan melihat keseriusan hubungan. Tidak hanya itu, Anda juga bisa mendeteksi kurangnya perhatian atau empati untuk orang yang dikhianati.

Bagi banyak orang, penemuan di Facebook menjadi petunjuk pertama masalah dalam hubungan. Temuan ini juga bisa mengonfirmasi kecurigaan sebelumnya.

"Paparan yang terbuka untuk 'publik' ini yang membuatnya menyakitkan," tulis Friedman seperti dilansir dari Huffingtonpost.

Temuan Facebook ini membuat Anda dapat menyelidiki katalog kehidupan sebelumnya dari pengalaman seseorang. Tapi, ini tergantung pengaturan privasi yang diberikan pada laman.

Anda bisa saja membaca pertukaran pesan mereka sebelumnya, melihat foto, mengetahui teman mereka, minat, dan komentar satu sama lain. Bahkan, Anda bisa mengetahui siapa teman penghubung mereka. Apakah orang yang Anda kenal?

Tidak hanya perselingkungan pasangan Anda saat ini yang akan menyakitkan. Anda juga bisa mencurigai kedekatan pasangan dengan seseorang. Ketika putus, ternyata mereka menjadi pasangan.

"Melihat mantan Anda dengan orang yang dirayunya di Facebook mengingatkan Anda pada wajah, senyum, bahasa tubuh, dan lokasi mereka berlibur. Anda bisa melihat orang yang mengambil pasangan Anda itu dari Facebook, bukan hanya membayangkan perselingkuhannya," imbuhnya.

Media sosial membuat perceraian lebih sulit dan menyakitkan. Dulu Anda bisa menemukan bukti secara bertahap sehingga bisa perlahan mengatasi perasaan. Kini Anda bisa menjadi detektif siber.

"Kini keterbukaan memukul Anda lebih parah. Ini sangat brutal," tutur Friedman.

"Dalam dunia yang kini dipajang via jejaring sosial, kita bisa hidup di luar, meninggalkan sedikit di dalam. Saran saya untuk orang yang akan memulai penyelidikan siber karena mencurigai ketidaksetiaan pasangan, lebih baik jangan melakukannya," imbuhnya.

Pengungkapan perselingkuhan cukup sulit ditangani selama beberapa bulan mendatang. Tidak perlu menyiksa diri dengan mengetahui detailnya. (eh)

 

© VIVA.co.id

SHARE

BERITA TERKAIT
A A A
Kanal Lainnya