SD Surabaya Juara Lomba Robot Internasional

Ichdan Rasyid, Juara Olimpiade Robot Internasional
Sumber :

VIVAnews - Prestasi gemilang kembali terukir di SD Muhammadiyah 4 Pucang, Surabaya, Jawa Timur. Kali ini nama Ichdan Rasyid mengharumkan nama sekolah.

Biadab! Israel Eksekusi Anak Palestina Beramai-ramai dari Usia 4-16 Tahun

Karya mobil robot siswa berusia 10 tahun ini berhasil menjadi juara 2 untuk kategori Medali Perak di Internasional Islamic School Robot Olympiad (IISRO). Kompetisi ini digelar pada 23-26 Mei 2012 di Kuala Lumpur, Malaysia.

Kategori Robot Rescue dengan baterai 12 volt ini berhasil menyisihkan 200 tim peserta dari Indonesia dan Malaysia. Kemampuan robot mampu menghindari berbagai rintangan termasuk zig-zag dan  kemampuan menempuh tanjakan dengan kemiringan 26 derajat.

"Rasyid ini memiliki ketajaman naluri berpikir yang kuat. Hanya dengan waktu satu bulan, dia mampu merampungkan mobil robot buatannya," kata Kepala Sekolah SD Muhammadiyah 4, Muhammad Sholihin kepada VIVAnews pada Selasa 29 Mei 2012.

Rasyid menambahkan, pada turnamen sebelumnya, siswa kelas IV ini  menyabet juara 1 tingkat nasional dalam lomba Line Tracer Analog Smanisada Cup. Ichdan juga meraih juara pertama di Kontes Robot GP pada 2011.

Atas prestasi itu, pihak sekolah menyiapkan siswa berprestasi ini untuk bisa mengikuti tahap olimpiade internasional selanjutnya.

"Mudah-mudahan bisa mengikuti lomba ke tingkat yang lebih tinggi. Untuk itu, kami terus memajukan prestasi yang telah diraihnya ini," lanjut dua guru pembinanya, Endik Setyawan dan Iwan Kurniawan.

Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan, dalam acara pemusnahan 11 jenis komoditi impor ilegal dengan nilai pabean mencapai Rp 9,33 miliar, di wilayah Citereup, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis, 28 Maret 2024.

Zulhas Enggan Revisi Aturan Barang Bawaan dari Luar Negeri: Bayar Pajak Dong!

Zulhas menegaskan, barang-barang impor memang seharusnya dikenakan pajak saat masuk ke dalam negeri.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024