Setelah Gerhana Matahari, Ada Gerhana Bulan

Gerhana matahari di Lampung
Sumber :
  • Antara/Widodo S. Jusuf

VIVAnews - Pemandangan pagi di Kalimantan, Sulawesi, Maluku, dan Papua dibuka dengan gerhana matahari cincin. Dalam setahun, gerhana matahari bisa menyambangi sekitar 2 kali tergantung waktu berselang.

8 Terduga Teroris Jaringan JI Ditangkap, Polisi Ungkap Ada yang Berperan Jadi Bendahara

Gerhana matahari terjadi pada Senin, 21 Mei 2012 pada pukul 06.30 WIT. Kini peristiwa ini sudah selesai melintasi langit Indonesia. Gerhana matahari cincin ini terjadi ketika wilayah terkena bayangan primer. Gerhana cincin terbit di wilayah Asia Timur, melintasi Pasifik Utara, hingga terbenam di Amerika Utara. Wilayah Cina, Jepang, dan Amerika Serikat dapat menyaksikan versi cincin. 

Sementara wilayah yang terkena bayangan sekunder terletak di Utara. Cina, Rusia, Alaska, dan Kanada dapat menyaksikan gerhana matahari sebagian. 

Indosat Siap Bantu Pemerintah Ciptakan 1 Juta Talenta Digital

"Dua minggu setelah gerhana matahari, akan ada gerhana bulan di Indonesia," ujar Profesor Riset Astronomi Astrofisika Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional (LAPAN), Thomas Djamaluddin saat dikontak Vivanews, Senin 21 Mei 2012. 

Anda bisa menyaksikan gerhana bulan mulai pada pukul 17.00 setelah matahari terbenam di langit Indonesia. Pada 4 Juni 2012, bulan purnama akan tertutup sebagian hingga pukul 19.00 WIB. (eh)

Bandara Dubai Beroperasi Kembali Setelah Banjir Bandang
Ketum PSS Erick Thohir bersama Emil Audero Mulyadi

Blak-blakan, Ketum PSSI Erick Thohir Ungkap Pembicaraan dengan Emil Audero

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, blak-blakan soal pertemuan dengan kiper Inter Milan, Emil Audero. Akankah Emil akan jadi pemain naturalisasi Timnas Indonesia terbaru.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024