Ratu Spanyol Tolak Undangan Ratu Inggris

Ratu Sofia dari Spanyol
Sumber :
  • REUTERS/Susana Vera

VIVANews - Sengketa wilayah Gibraltar antara Inggris dan Spanyol berujung pada hubungan yang tidak harmonis antara ratu kedua negara. Sebagai bentuk protes klaim Inggris di perairan tersebut, Ratu Sofia dari Spanyol menolak undangan jamuan makan malam dari Ratu Inggris Elizabeth.

Diberitakan BBC, Kamis 17 Mei 2012, keputusan Ratu Sofia untuk tidak menghadiri makan malam peringatan Diamond Jubilee atau 60 tahun bertahtanya Ratu Elizabeth di Inggris karena ketegangan terbaru di wilayah selatan Spanyol tersebut.

Juru bicara Istana Spanyol mengatakan, tidak pantas jika Ratu turut serta dalam acara tersebut, sementara martabat bangsa tengah dipertaruhkan. Ketegangan belakangan muncul karena rencana putra Elizabeth, Pangeran Edward dan istrinya Sophie, mengunjungi Gibraltar pada 11-13 Juni untuk memperingati Diamond Jubilee.

Sengketa kedua negara di wilayah ini telah terjadi sejak abad ke 17. Spanyol secara resmi menyerahkan Gibraltar pada kerajaan Inggris pada tahun 1713, setelah perang pada 1704. Beberapa tahun kemudian, Spanyol beberapa kali berusaha merebut wilayah ini dengan mengirimkan pasukan.

Sebelumnya, Ratu Sofia juga pernah menolak undangan pernikahan Pangeran Charles dan Diana pada 1981. Alasannya, pasangan tersebut berencana bulan madu ke Gibraltar.

Pada perayaan Diamond Jubilee tahun ini, rencananya Inggris akan mengundang band terkenal dari Gibraltar. Hal ini menambah berang pemerintahan Spanyol.(np)

Kubu Ganjar-Mahfud Tidak Terima Gugatannya ke MK Disebut Salah Sasaran oleh KPU
Ketua MK Suhartoyo, Sidang Lanjutan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum di MK

Momen Ketua MK Semprot Kuasa Hukum KPU yang Puji-puji Hasyim Asy'ari

Menurut kuasa hukum KPU, meski nama Hasyim Asyari disangkutpautkan dengan banyak dugaan pelanggaran tapi proses Pemilu 2024 tetap berjalan lancar.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024