Selasa, 2 September 2014
13:44 WIB
KNKT Tak Bisa Cabut Izin Bus Sumber Kencono
PO asal Sidoarjo, Sumber Kencono, kerap mengalami kecelakaan.
Bus Sumber Kencono kerap mengalami kecelakaan
Ita Lismawati F. Malau | Senin, 7 Mei 2012, 15:50 WIB

VIVAnews - Perusahaan Otobus (PO) asal Sidoarjo, Sumber Kencono, menempati peringkat pertama daftar kecelakaan lalu lintas di Jawa Timur selama 2011. Tapi, Komite Nasional Keselamata Transportasi (KNKT) mengaku tidak bisa menindak perusahaan bus tersebut.

Ketua KNKT Tatang Kurniadi mengatakan, pihaknya hanya berwenang menangani kecelakaan dengan jumlah korban lebih dari 8 orang. Tatang malah mengatakan kalau korban kecelakaan Sumber Koncono itu tidak terlalu banyak.

Selain itu, imbuhnya, KNKT juga tidak berwenang mencabut izin trayek ataupun merekomendasikannya. “Kebijakan yang dikeluarkan KNKT hanyalah untuk memperbaiki sistem transportasi yang ada saja,” tutur Tatang dalam jumpa pers di Kementerian Perhubungan, hari ini.

KNKT, imbuh Tatang, berbeda dengan kepolisian sehingga tidak berwenangan mengeluarkan pernyataan mengenai pihak yang bersalah dalam satu kecelakaan transportasi.

Terakhir, bus dengan warna biru silver metalik itu mengalami kecelakaan Sabtu pekan lalu di Jalan Raya Solo-Semarang, Jawa Tengah. Dalam kecelakaan itu, imbuh Tatang, korban jiwa mencapai 7 orang.

Tatang mengungkapkan kalau KNKT hanya berwenang  memberikan bantuan investigasi saja. “Kalau untuk urusan mencabut trayek itu mungkin ada di pemerintah daerah,” ujarnya.

Dia memastikan bahwa rekomendasi KNKT tidak termasuk pencabutan izin trayek.

Laporan: Alfin Tofler

© VIVA.co.id

SHARE

BERITA TERKAIT
BERITA TERPOPULER
A A A
Kanal Lainnya