Pekan Depan, Jakarta Diserbu 3 Mobil Baru

Mazda CX-5
Sumber :
  • Autoblog

VIVAnews -Pasar otomotif nasional akan kembali diramaikan model-model mobil terbaru dari pabrikan ternama dunia, seperti Honda, Mazda, dan BMW.

Ketiga mobil terbaru yang akan diluncurkan pada pekan depan ini adalah Mazda CX-5 (Crossover), BMW X3 (Crossover), dan Honda Freed (Multi Purpose Vehicle).

Sebelum resmi diluncurkan, ada sedikit ulasan singkat dari ketiga mobil tersebut. Dimulai dengan Mazda CX-5 yang memang sudah ditunggu pecinta otomotif tanah air.

Di negeri asalnya, Jepang, Mazda CX-5 dibekali mesin SKYACTIV-G 2.000 cc bensin dan mesin diesel SKYACTIV-D 2.200 cc. Untuk mesin bensin memiliki kompresi tinggi, yakni 14:1 dan mampu menyemburkan tenaga besar, namun diklaim tetap irit bahan bakar, yakni 1:16 km.

Sedangkan untuk SKYACTIV-D 2.200 cc diesel, merupakan mesin pertama yang yang memenuhi standar emisi global hingga Euro 6, tanpa harus mengaplikasi sistem selective catalytic reduction (SCR) atau katalis Lean Nox Trap (LNT). SUV irit bahan bakar ini diperkirakan dibanderol sekitar Rp350-400 juta.

Kejutan lain juga diberikan produsen mobil asal Jerman, BMW. Mereka menyodorkan model terbaru dari X3 yang sudah dirakit di Indonesia. Belum diketahui secara detail spefisikasi dari mobil jenis crossover itu.

Sebelumnya, BMW telah merilis BMW X3 xDrive20i di Malaysia. Crossover premium itu dibanderol mulai RM358.800 atau sekitar Rp1,070 miliar.
 
BMW X3 xDrive20i dibekali mesin 2.0-liter empat silinder TwinPower turbo yang dapat mengembangkan tenaga hingga 184 hp dan torsi maksimum 270 Nm. Mesin tersebut dapat membuat crossover itu berlari dengan kecepatan 0 hingga 100 km/jam dalam waktu 8,6 detik.
 
Untuk konsumsi bahan bakar, X3 xDrive20i generasi terbaru ini diklaim cukup irit. 7,7 liter mampu untuk menempuh jarak 100 km. Dari segi interiornya, dilengkapi fitur standar seperti kursi yang dapat diatur secara otomatis, AC, BMW sistem navigasi dengan layer 8,8 inci, daya listrik 205 watt dan 12 speaker audio sistem serta Brake Enegry Regeneration.

Mobil terbaru lainnya adalah Honda Freed. Mobil keluarga ini memang cukup digandrungi di pasar nasional. Dari segi desain, Honda disinyalir akan memberikan sentuhan baru yang lebih mewah dan elegan pada New Freed. Tak ketinggalan, sejumlah fitur anyar yang siap memanjakan pengemudi dan penumpang.

Namun, belum diketahui apakah ada perubahan yang akan menjalar ke sektor dapur pacunya. Sekedar informasi, Honda Freed yang dirilis Juni 2009 mengusung mesin berteknologi i-VTEC 1.500 cc, yang dapat menghasilkan tenaga 118 ps dengan torsi maksimal 146 Nm di 4800 rpm.

Mesin itu dikawinkan dengan transmisi manual dan otomatis lima percepatan. Freed dilengkapi fitur keselamatan yang lengkap mulai dari dual airbags, ABS, EBD, dan BA. Penasaran dengan ketiga model mobil tersebut? kita tunggu saja pekan depan.

Mudik Pakai Mobil Listrik, Perhatikan Suhu Cuaca dan Ban
Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar, Persiapan Langkah Hukum Paslon AMIN

Cak Imin Dikabarkan Maju Pilgub Jatim, PKB Ingin Fokus di MK Dulu: Tidak Lama Hanya 14 Hari

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, dikabarkan bakal maju dalam Pilkada Serentak 2024. Ia dikabarkan akan maju pada Pilgub Jawa Timur.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024