Bangkai Motor Ditemukan di Kerangka Bus Maut

Bus Trans Jakarta Terbakar
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews – Tim dari Komite Nasional Keselamatan Transportasi akan menginvestigasi penyebab kebakaran bus PO Yanti Group yang menewaskan 13 penumpangnya.

Hari ini, Kamis 3 Mei 2012, tim KNKT telah sampai di Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat, untuk memulai penyelidikan terhadap bangkai bus maut. “Kita butuh untuk memastikan penyebab kebakaran bus,” kata Kapolres Limapuluh Kota AKBP Pratomo Irianto kepada VIVAnews.

Menurutnya, keterangan dari tim ahli, baik dari pihak KNKT maupun sejumlah pihak lain, dibutuhkan polisi untuk melengkapi pemeriksaan terhadap tersangka. Polisi sebelumnya telah menetapkan sopir bus maut Yandri (28 tahun) dengan kondekturnya sebagai tersangka.

“Dari hasil pemeriksaan terhadap sejumlah saksi, kedua tersangka dinyatakan lalai dalam kejadian ini,” tambah Pratomo. Kebakaran bus PO Yanti berawal dari arus pendek di dalam mesin bagian depan bus. Sopir dan kondektur bus gagal memadamkan api.

Berdasarkan pengakuan sejumlah saksi, api begitu cepat membesar dalam hitungan menit dan melahap seluruh badan bus. Korban yang terjebak di bagian pintu belakang bus tidak mampu menyelamatkan diri karena terhalang tumpukan barang di bagian belakang.

Sejumlah barang seperti sepeda motor dan kompor gas juga ditemukan di dalam bus bernomor polisi BA 3653 L jurusan Dumai-Solok itu. “Barang itu memang ditemukan di dalam bus. Tapi bukan itu pemicu kebakaran bus,” ujar Kapolres.

Terkait pintu belakang bus yang sulit dibuka saat kejadian, menurutnya hal itu bisa saja karena para penumpang tidak memahami secara pasti cara kerja dari pintu tersebut. Kernet bus sendiri gagal membuka pintu belakang dan gagal menyelamatkan nyawa 13 menumpangnya.

Namun ia mengaku sempat melempari kaca samping mobil dengan batu untuk membantu para penumpang keluar. “Dari jendela yang dilempari batu, sejumlah penumpang ke luar, tapi tidak semuanya bisa diselamatkan,” kata Kapolres.

Bus PO Yanti Group terbakar di jalan Raya Sumbar-Riau, di kawasan Hulu Aia, Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat, Selasa dini hari, 1 Mei 2012. Sebanyak 16 penumpang selamat, sedangkan 13 penumpang lain yang sebagian besar duduk di bagian belakang bus terjebak karena diduga kuat tertidur saat api mulai membesar. (umi)

Awas Kehabisan! Pendaftaran Mudik Gratis Moda Bus Kembali Dibuka, Kuota 10.000 Orang
Ilustrasi proyek pembangunan.

Perkuat Ukhuwah, KEIND Ingin Berkontribusi Lebih untuk Negara

Lebih dari 200 pengurus pusat, pengurus daerah, pengurus luar negeri serta para Dewan KEIND hadir dalam silaturahmi nasional.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024