VIDEO: Bus Terbakar, 13 Penumpang Tewas

Bus terbakar
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Sebuah bus jurusan Dumai-Solok terbakar di kawasan Kelok Sembilan, Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat, Selasa subuh 1 Mei 2012. Bus itu mengangkut 48 penumpang. Tiga belas penumpang bus PO Yanti dinyatakan tewas terbakar saat kejadian. Semua jenazah menumpuk di pintu belakang.

Kapolres Kabupaten Limapuluh Koto Ajun Komisaris Besar Partomo Iriananto menjelaskan bahwa bus dengan nomor polisi DA 3653 L itu terbakar di kilometer 30 Payakumbuh sekitar pukul empat. Tidak ada yang tahu darimana datangnya api. Tapi ketika bus sedang melaju, tiba-tiba sopir yang bernama Yandri melihat ada api di bawah pintu depan.

14 Killed Over a Bus Crashes Into Wall in Northern China

Sang sopir lalu menghentikan bus itu. Mencoba memadamkan api. Tapi usaha itu gagal. Api malah membesar dan kian ganas membara. Kuat diduga saat itu para penumpang tengah terlelap. Tak sadar apa yang terjadi dalam perjalanan jauh itu. Lihat videonya di sini

Saat api membakar sopir dan kernet menyelamatkan diri dengan melompat dari pintu depan. Penumpang yang panik berusaha keluar lewat pintu belakang, namun nahas pintu rusak dan terhambat barang. Akibatnya mereka terjebak dan akhirnya terbakar.

Kemenhub Imbau Bus Tak Lagi Pasang Klakson Telolet, Pelanggar akan Kena Sanksi Denda Rp500 Ribu

Panasnya api membuat korban tidak dapat dikenali. "Korban tewas belum teridentifikasi jenis kelamin sehingga perlu dilakukan tes lebih lanjut," katanya.

Pupus sudah harapan para korban yang sebagian besar perantau untuk berkumpul bersama keluarga di kampung halaman.

Dishub Depok Akan Datangi PO Bus Lakukan Ramp Check Armada Mudik
Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo

Pemerintah DKI Jakarta Siapkan 150 Bus Cadangan Antisipasi Mudik Gratis Terlambat

Dinas Perhubungan DKI Jakarta, menyiapkan 150 bus cadangan, pada momen mudik Lebaran Idul Fitri 2024 ini. Bus itu disiapkan untuk mengantisipasi adanya keterlambatan bus.

img_title
VIVA.co.id
24 Maret 2024